Students’ perception of using grammarly writing assistant in writing english text at the 4th semester of english education department muria kudus university

Pratondo, Ilham Adi (2024) Students’ perception of using grammarly writing assistant in writing english text at the 4th semester of english education department muria kudus university. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
Bab 6 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Grammarly Writing Assistant adalah alat yang mengevaluasi tata bahasa dalam menulis. Alat ini tidak hanya mencakup sintaksis tetapi juga ejaan dan tanda baca. Selain pengeditan dasar, alat ini juga dapat memeriksa plagiarisme, pilihan kata, dan konteks. Siswa mendapatkan keuntungan dari penggunaan pemeriksa tata bahasa. Menulis adalah keterampilan yang menantang yang perlu dikuasai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap penggunaan Grammarly Writing Assistant dalam menulis teks bahasa Inggris di semester 4 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muria Kudus tahun akademik 2023/2024. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan desain kualitatif. Untuk memahami fenomena sosial secara utuh, desain kualitatif diterapkan. Data penelitian ini adalah persepsi mahasiswa tentang penggunaan Grammarly Writing Assistant dalam menulis teks bahasa Inggris di semester 4 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muria Kudus, yang terdiri dari sekitar 95 mahasiswa yang terbagi dalam 2 kelas, masing-masing kelas terdiri dari sekitar 40 sampai 50 mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa memiliki pandangan positif terhadap Grammarly dan merasa bahwa Grammarly efektif dalam mengidentifikasi dan mengoreksi kesalahan tata bahasa serta meningkatkan kualitas tulisan secara keseluruhan. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa Grammarly Writing Assistant diterima dengan baik dan dievaluasi secara positif oleh para siswa sebagai alat yang efektif untuk menulis teks bahasa Inggris. Dengan bimbingan yang tepat, Grammarly Writing Assistant dapat menjadi bantuan yang berharga dalam meningkatkan kemampuan menulis bahasa Inggris mahasiswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1. Dr. Rismiyanto, S.S., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2. Dr. Muh Syafe'I, M.Pd
Kata Kunci: Persepsi Siswa, Asisten Penulisan Tata Bahasa, Menulis Teks Bahasa Inggris
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 16 May 2025 01:28
Last Modified: 16 May 2025 01:28
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23797

Actions (login required)

View Item View Item