Silmi Nabila, Tsania Nujcha (2024) Meningkatkan perencanaan karier melalui bimbingan kelompok teknik peer guidance pada siswa smk assaidiyah kudus. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Presentation Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Suksesnya pencapaian karier seseorang dipengaruhi oleh adanya kemampuan perencanaan karier dan pengambilan keputusan yang matang. Seseorang yang memiliki kemampuan perencanaan karier tentunya mampu memahanı dırınya Dengan demikian, individu tersebut dapat memutuskan pilihan yang paling tepat sesuai dengan keadaan dirinya. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini sebagai berikut (1) Mendeskripsikan penerapan bimbingan kelompok teknik peer guidance dalam meningkatkan perencanaan karier siswa SMK Assa'idiyyah Kudus, (2) Mendeskripsikan peningkatan perencanaan karier siswa SMK Assa'idiyyah Kudus setelah diberikan bimbingan kelompok teknik peer guidance Perencanaan karier merupakan suatu rangkaian di mana siswa SMK Assa'idiyyah Kudus mampu mengali potensi dan keahlian yang dimilikinya untuk memilih bidang karier yang sesuai dengan posisi yang dinginkan untuk mencapai suatu tujuannya. Adapun indikatornya yaitu siswa mampu mengenal bakat dan minat mereka, memahami nilai-nilai dalam diri dan keluarga, memiliki pemahaman tentang kepribadian, dan pengetahuan tentang kesempatan karier Bimbingan kelompok teknik peer gutdance merupakan usaha yang diberikan peneliti kepada siswa SMK Assa idiyyah Kudus yang belum memiliki perencanaan karier yang baik Penelitian ını dilakukan di MK Assa idiyyah Kudus. Subjek penelitian sebanyak delapan siswa, yang berasal dari kelas XI dan XII dari berbagai program keahlian. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara Analisis data menggunakan kuantitatif deskriptif Hasil penelitian diketahui perencanaan karier yang diperoleh subjek penelitian sebelum pemberian tindakan sebesar 31% dengan kategori (Sangat Kurang), setelah pemberian tindakan melalui bimbingan kelompok teknik peer guidance pada siklus I mengalami peningkatan, dengan perolehan skor sebesar 35% kategori (Kurang) pada pertemuan pertama, kemudian meningkat menjadi 37% kategori (Kurang) pada pertemuan kedua, dan pertemuan ketiga meningkat dengan perolehan skor sebesar 50% kategori (Cukup) Penelitian dilanjutkan di siklus II, dengan hasil pengamatan di pertemuan pertama sebesar 53% kategori (Cukup), pertemuan kedua sebesar 71% kategori (Baik), dan pertemuan ketiga sebesar $1% kategori (Sangat Baik) Peneliti memberikan simpulan hasil penelitian sebagai berikut: (1) Penerapan bimbingan kelompok teknik peer guidance dapat meningkatkan perencanaan karier pada siswa Assaidiyyah Kudus. Bimbingan kelompok teknik peer guidance dilaksanakan dalam empat tahapan, yang terdiri atas tahap pembentukan, peralihan, kegiatan, dan pengakhiran, Penerapan peer guidance diberikan pada tahap kegiatan yang mana dalam kegiatannya diawali dengan pembentukan peer guidance, pelatihan peer guidance, pelaksanaan peer guidance, dan tahap evaluası. Hasılnya diperoleh keterangan pada siklus 1 peneliti memperoleh skor 54% kategori (Cukup), siklus II peneliti memperoleh skor 73% kategori (Sangat Baik). (2) Perencanaan karier sisiva Assaidiyyah Kudus dapat ditingkatkan melalui penerapan bimbingan kelompok teknik peer guidance. Perencanaan karier sebelum pemberian treatment sebesar 31% kategori (Sangat Kurang) Pada siklus I pertemuan pertama diperoleh skor 35% kategori (Kurang), pertemuan kedua dengan perolehan skor 37% kategori (Kurang). dan di pertemuan ketiga diperoleh skor sebesar 50% kategori (Cukup). Selanjutnya pada siklus II pertemuan pertama diperdeh skor sebesar 53% kategori (Cukup), pertemuan kedua dengan skor 71% kategori (Baik), dan di pertemuan ketiga mengalami peningkatan derigan perolehan skor 81% kategori (Sangat Baik). Sehingga disumpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dari pra siklus ke siklus II dengan selisih perolehan skor sebesar 50% Artmya terjadi peningkatan kemampuan perencanaan karier siswa SMK Assa idiyyah Kudus. Saran yang disampaikan peneliti dalam penelitian ini sebagai berikut (1) Siswa hendaknya mencari informasi yang lebih lanjut mengenai Dunia Usaha Dunia Industri, perguruan tinggi yang sesuai dengan potensi dırı, bakat, minat, kekurangan, kelebihan diri, serta harapan orangtua (2) Guru bimbingan dan konseling hendaknya menggunakan teknik peer guidance untuk membantu siswa dalam melakukan perencanaan karır dengan dasar kedekatan antara peer guidance dengan konseli atau peserta layanan. (3) Kepala sekolah hendaknya memperhatikan program bimbingan dan konseling di sekolah dalam bidang karır, sehingga memudahkan siswa dalam merencanaan karimya setelah lulus. (4) Penelitian selanjutnya hendaknya menggunakan teknik peer guidance dalam jenis penelitian yang berbeda seperti studi kasus untuk lebih mendalami peran peer guidance dalam membantu permasalahan yang dialami oleh subjek penelitian
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing:1. Dra. Sumarwiyah, M.Pd., Kons Dosen Pembimbing: 2. Dr. Edris Zamroni, MPd |
Kata Kunci: | Perancanaan Karier, Bimbingan Kelompok Peer Guidance |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 16 May 2025 03:04 |
Last Modified: | 16 May 2025 03:04 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23810 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
