Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media ular tangga terhadap hasil belajar ipas siswa kelas v sdn 4 bantrung

DIAH ANANDA, SHAVIRA (2024) Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media ular tangga terhadap hasil belajar ipas siswa kelas v sdn 4 bantrung. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Banyak siswa yang belum memahami materi yang telah diajarkan oleh bapak/ibu guru yang masih menggunakan model konvensional yang menyebabkan siswa sering bosan dalam proses belajar mengajar, akibatnya hasil belajar siswa menjadi rendah. Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh dalam penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran IPAS untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini, apakah terdapat pengaruh dalam penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran IPAS untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) adalah model pembelajaran yang penyampaiannya dilakukan dengan dengan cara menyajikan suatu permasalahan, mengajukan pertanyaan-pertanyaan, memfasilitasi penyelidikan, dan membuka dialog. Permasalahan yang dikaji hendaknya permaslahan kontekstual yang yang ditemukan oleh peserta didik dalam kehidupan sehari-hari, sedangkan hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajarnya dengan berbantuan media ular tangga. Permainan ular tangga adalah permainan yang dimainkan oleh 2 orang atau lebih dengan menggunakan dadu dan terdapat kotak-kotak serta gambar tangga dan ular. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen tipe one group pretest-posttest ini dilaksanakan di kelas V SDN 4 Bantrung dengan sampel penelitian 20 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, yang meliputi pretes dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji paired sample t test dan uji N-gain. Data hasil penelitian uji hipotesis dengan menggunakan uji paired sample t test pada hasi uji pemahaman IPAS menunjukkan bahwa nilai signifikansi yaitu < 0.001, yang mana nilai signifikansinya < 0,05 maka dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari nilai pretest dan posttest. Menunjukkan bahwa nilai rata-rata (mean) soal pretest dan posttest adalah -30,800. dan t hitung bernilai negative yaitu -18,733 Sedangkan pada uji hipotesis kedua pada uji keterampilan IPAS menggunakan uji n-gain yang menunjukkan nilai yang diperoleh sebesar 0,57 dengan kategori yang tinggi. Hasil dari kedua uji tersebut dapat membuktikkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran problem based learning berbantuan media ular tangga terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN 4 Bantrung. Dengan demikian model pembelajaran problem based learning cocok dan mendukung dalam proses pembelajaran di sekolah dasar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Dr. Khamdun, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Siti Masfuah S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar, IPAS
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 17 May 2025 01:45
Last Modified: 17 May 2025 01:45
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23828

Actions (login required)

View Item View Item