Efektivitas penggunaan media pembelajaran video interaktif pecahan desimal terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas v sd n dowan

ROEHATUL JANNAH, MAULINA (2024) Efektivitas penggunaan media pembelajaran video interaktif pecahan desimal terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas v sd n dowan. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini

Abstrak

Permasalahan yang muncul pada siswa kelas V SD N Dowan yaitu masih memiliki pemahaman konsep matematika yang rendah hal tersebut disebabkan karena guru masih menggunakan metode ceramah dan belum menerapkan media pembelajaran pendukung yang menarik minat belajar siswa sehingga siswa cenderung pasif dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi efektivitas penggunaan media pembelajaran video interaktif pecahan desimal terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas V SD N Dowan dan mengidentifikasi perbedaan signifikan sebelum dan setelah diberikan pembelajaran menggunakan media pembelajaran video interaktif pecahan desimal. Pemahaman konsep adalah proses tindakan yang memahami secara akurat tentang desain abstrak atau ide yang memungkinkan seseorang untuk mengkatagorikan suatu peristiwa yang diperoleh dari proses pembelajaran. Video interaktif adalah media ini menggabungkan berbagai bentuk multimedia, seperti teks, gambar, audio, dan video, untuk menciptakan pengalaman belajar yang komprehensif. Metode penelitian ini adalah kuantitatif ini dilakukan di kelas V SD N Dowan dengan subjek penelitian 17 siswa yang berlangsung pada 2 pertemuan dengan menggunakan metode pre-experimental design tipe one group pretest-posttest (tes awal-tes akhir tanpa ada kelompok pembanding atau kelompok kontrol). Teknik pengumpulan data meliputi teknik tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas serta uji hipotesis yang terdiri dari uji t dan N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) penggunaan media pembelajaran video interaktif pecahan desimal efektif terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas V SD N Dowan dibuktikan pada hasil uji paired sample test dengan nilai Pvalue 0,000 < 0,05 dan 2) Terdapat perbedaan signifikan sebelum dan setelah diberikan pembelajaran menggunakan media pembelajaran video interaktif pecahan desimal dibuktikan pada pretest, nilai mean yang diperoleh adalah sebesar 62,47, sedangkan pada posttest, nilai mean naik menjadi 84,00. Perbandingan antara nilai mean pada pretest dan posttest ini mengindikasikan adanya peningkatan nilai rata-rata sebesar 17,53. Kesimpulannya adalah terdapat efektivitas media video interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep dan terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa menggunakan media video interaktif kelas V SDN Dowan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Lovika Ardana Riswari, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Lintang Kironoratri, M.Pd.
Kata Kunci: Pemahaman Konsep Matematika, Media Interaktif, Bilangan Desimal
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 17 May 2025 04:35
Last Modified: 17 May 2025 04:35
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23849

Actions (login required)

View Item View Item