Darmawan, Hesti Daffa (2024) Pengembangan media si tasya (aplikasi tata surya) berbasis stem untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas vi sd 4 sadang. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya permasalahan bahwa dalam proses pembelajaran di kelas hanya menggunakan buku ajar yang ada karena kekurangan media pembelajaran. Hal tersebut disebabkan minimnya sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah sehingga guru kesulitan membuat media pembelajaran interaktif dalam menunjang proses pembelajaran yang menyebabkan kemampuan berpikir kritis siswa rendah serta pemahaman materi yang mudah terlupakan oleh siswa karena pembelajaran hanya bersifat konseptual. Dalam mengatasi hal tersebut diperlukan proses pembelajaran yang efektif dengan menggunakan media pembelajaran yang interaktif agar siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran di kelas. Oleh sebab itu, peneliti mengembangkan media SI TASYA (Aplikasi Tata Surya) berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VI SD 4 Sadang. Media SI TASYA (Aplikasi Tata Surya) ialah media pembelajaran interaktif yang berisi tentang materi coding menggunakan Scratch berbasis STEM dalam membuat sistem tata surya. STEM dapat dikaitkan dengan media pembelajaran karena terintegrasi dengan Science, Technology, Engineering, and Mathematic sehingga penggunaannya dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan dalam proses menganalisis, mengevaluasi, membuat solusi, serta kesimpulan dari situasi atau permasalahan. Jenis penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu kelas VI SD 4 Sadang dengan siswa berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, angket, serta dokumentasi. Analisis data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis kebutuhan diperoleh bahwa dalam proses pembelajaran di kelas guru membutuhkan media pembelajaran interaktif yang sesuai dengan karakteristik siswa, seperti media SI TASYA (Aplikasi Tata Surya) berbasis STEM. Media ini dikembangkan menggunakan tools Canva dan Scratch. Hasil validasi ahli pada media yang dikembangkan di uji menggunakan uji V-Aiken yang memperoleh hasil dari ahli media yaitu 0,86, ahli materi 0,82, dan guru kelas 0,80 sehingga dapat dinyatakan “Sangat Layak” sebagai media pembelajaran. Respon siswa terhadap penggunaan media SI TASYA (Aplikasi Tata Surya) berbasis STEM memperoleh persentase sebesar 91,1% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Kesimpulan penelitian ini yaitu guru membutuhkan media pembelajaran interaktif, sehingga peneliti mengembangkan media pembelajaran berbasis STEM berupa media SI TASYA (Aplikasi Tata Surya) yang dinyatakan sangat layak untuk dikembangkan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1. Much Arsyad Fardani, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2. Siti Masfuah, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Media SI TASYA (Aplikasi Tata Surya), STEM, Berpikir Kritis |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 19 May 2025 01:48 |
Last Modified: | 19 May 2025 01:48 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23856 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
