Norma Agustina, Ade Lia (2024) Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran pendidikan pancasila kelas 4 sekolah dasar. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara guru wali kelas IV pada tanggal 14 Oktober 2023, di SD N 4 Temulus, pada pembelajaran Pendidikan Pancasila teridentifikasi permasalahan bahwa peserta didik belum memiliki kemampuan berpikir kritis. Salah satu bentuk model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis adalah model discovery learning. Model pembelajaran discovery learning memiliki hubungan yang erat dengan kemampuan berpikir kritis peserta didik, terutama dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Dalam discovery learning, siswa didorong untuk aktif mencari dan menemukan konsep-konsep ilmiah sendiri, mengumpulkan dan mengolah data sebagai bukti, serta mengasah kreativitas dan kemandirian mereka Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan pendekatan pre-eksperimental design dengan jenis one group pre-test and posttest design. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN 4 Temulus. Variabel bebas penelitian ini yaitu model discovery learning, sednagkan variabel terikatnya yaitu kemampuan berpikir kritis. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes yaitu pretest dan posttest. Pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu sampling jenuh. Analisis data menggunakan Uji T pada aplikasi IBM SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi adalah 0,000. Nilai signifikansi yang ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara skor pretest dan posttest adalah signifikan secara statistik. Hasil skor N-Gain siswa menunjukkan 0,4700, dengan nilai minimum 0,20 dan maksimum 0,83, rata-rata skor ini termasuk dalam kategori ―sedang‖ yang menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa berada pada tingkat sedang. Dapat disimpulkan hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan ratarata skor kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN 4 Temulu sebelum dan sesudah penerapan model discovery learning dan terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Dr. Wawan Shokib Rondli, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd, M.A |
Kata Kunci: | discovery learning, kemampuan berpikir kritis, sekolah dasar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 19 May 2025 01:48 |
Last Modified: | 19 May 2025 01:48 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23858 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
