PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE (TPS) KELAS IV SD NEGERI 5 DERSALAM TAHUN 2012/2013

Fariztin, Ardiani Rizka Ulya (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE (TPS) KELAS IV SD NEGERI 5 DERSALAM TAHUN 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (735Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (234Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (328Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (340Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (602Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (251Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (225Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (257Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (Lampiran ) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (3751Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Fariztin, Ardiani Rizka Ulya. 2013. Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) Kelas IV SD Negeri 5 Dersalam Tahun 2012/2013. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus. Pembimbing I : Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd., Pembimbing II: Aisyah Nur S.N., S.Pd, M.Pd. Kata Kunci : Think-Pair-Share (TPS), hasil belajar, IPS. Pembelajaran IPS kelas IV SD 5 Desalam adalah pembelajaran berpusat pada guru. Siswa belum aktif dalam kegiatan pembelajaran karena selama pembelajaran guru banyak memberikan ceramah tentang materi. Diperlukan model pembelajaran agar siswa lebih aktif selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Model pembelajaran yang lebih mendorong keaktifan, kemandirian dan tanggung jawab dalam diri siswa adalah model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS). Rumusan masalah dalam penelitian adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) mata pelajaran IPS pada siswa kelas IV semester II SD 5 Dersalam Tahun 2012/2013? (2) Bagaimana hasil belajar siswa penerapan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) mata pelajaran IPS pada siswa kelas IV semester II SD 5 Dersalam Tahun 2012/2013? Lokasi penelitian SD 5 Dersalam, subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 15 siswa. Variabel penelitian meliputi variabel bebas adalah model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS), sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPS. Metode PTK dilaksanakan 2 siklus dengan 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri 3 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan observasi, refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menerapkan model Think-Pair-Share (TPS). Keterampilan guru meningkat dari 76% kategori baik (siklus I), menjadi 86% kategori sangat baik (siklus II). Aktivitas siswa dalam individu meningkat dari 71% kategori baik (siklus I), menjadi 84% kategori baik (siklus II). Aktivitas siswa dalam kelompok meningkat dari 69% kategori baik (siklus I), menjadi 87% dengan kategori sangat baik (siklus II). Siswa mencapai ketuntasan belajar ada 12 siswa (80%). Sedangkan siswa yang tidak mencapai ketuntasan belajar ada 3 siswa (20%). Jadi, ketuntasan belajar siklus II terdapat peningkatan sebesar 53% dari kondisi awal siswa dan 20% dari siklus I. Peneliti menyimpulkan bahwa kinerja guru dalam mengelola kelas siklus I memperoleh rata-rata 76% dengan kualifikasi “baik” sedangan kinerja guru dalam siklus II meningkat menjadi 86% kategori “sangat baik”. Hasil belajar siswa pada siklus I meningkat menjadi 72. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II meningkat menjadi 82. Saran bagi guru SD dengan menerapkan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS), pada mata pelajaran IPS terbukti dapat meningkatkan pembelajaran Think-Pair-Share (TPS).

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: pembimbing:Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: pendidikan dasar,PGSD
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
                    Tanggal Deposit: 27 Mar 2014 10:09
                    Last Modified: 27 Mar 2014 10:09
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2386

                    Actions (login required)

                    View Item