Efektivitas model think pair share berbantuan media pagar terhadap peningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas v sdn 3 telukwetan

SHOFIANA, ANA MARIA (2024) Efektivitas model think pair share berbantuan media pagar terhadap peningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas v sdn 3 telukwetan. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas dari model pembelajaran Think pair share berbantuan media PAGAR terhadap peningkatan pemahaman konsep matematis siswa pada materi bangun datar kelas V SDN 3 Telukwetan. Permasalahan yang ditemukan yaitu kurang maksimalnya guru dalam menggunakan model pembelajaran di kelas, kurangnya media pembelajaran yang mengajak siswa untuk kreatif dan menemukan hal-hal baru dengan kemampuan sendiri, dan terdapat beberapa siswa yang kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran sehingga mempengaruhi siswa yang lain. Sehingga mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Model pembelajaran Think pair share adalah salah satu model pembelajaran kooperatif sederhana yang memiliki Langkah-langkah yang jelas dan terdefinisi dengan jelas dalam pelaksanaannya. Media pembelajaran PAGAR adalah sebuah inovasi media pembelajaran matematika yang membantu siswa dalam memahami materi bangun datar. Pemahaman konsep matematis merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa untuk mempelajari konsep matematika tingkat lanjut, atau bisa dikatakan bahwa pemahaman konsep yaitu sebuah pembelajaran suatu konsep baru matematika, ketika siswa belum pernah mempelajari konsep tersebut Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yaitu Pre-Experimental Design dengan One Group pretest-posttest. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 3 Telukwetan dengan populasi 28 siswa kelas V. Teknik pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh, Adapun Teknik pengumpulan data yaitu tes dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan uji normalitas, uji N-Gain, dan uji paired t-test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata pemahaman konsep matematis sebelum dan sesudah diterapkan model Think pair share berbantuan media PAGAR. Terdapat keefektifan peningkatan rata-rata pemahaman konsep matematis siswa setelah menggunakan model Think pair share berbantuan media PAGAR sebesar 57 dengan kategori sedang. Dalam presentase sebesar 57% ditafsirkan dalam kategori cukup efektif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh penerapan model Think pair share dengan media PAGAR terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas V SDN 3 Telukwetan. Saran dalam penelitian ini agar terdapat pengembangan media penelitian pada penelitian lebih lanjut.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1. Lovika Ardana Riswari, M.Pd. Dosen pembimbing: 2. Diana Ermawati, M.Pd.
Kata Kunci: Think pair share, PAGAR, Pemahaman Konsep Matematis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 May 2025 02:06
Last Modified: 19 May 2025 02:06
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23860

Actions (login required)

View Item View Item