Analisis kemampuan multiple intelligences terhadap hasil belajar ipas kelas v di sd 1 mijen

RIZWANA, IRA (2024) Analisis kemampuan multiple intelligences terhadap hasil belajar ipas kelas v di sd 1 mijen. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Penelitian ini memiliki dua tujuan yaitu pertama, untuk menganalisis apa saja kemampuan yang dimiliki multiple intelligences kelas V di SD 1 Mijen dan tujuan kedua, untuk menganalisis hasil belajar yang diperoleh siswa kelas V berdasarkan kemampaun multiple intelligences di SD 1 Mijen. Multiple intelligences adalah beberapa kecerdasan yang dimiliki oleh setiap manusia dalam menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupannya serta juga menghasilkan suatu karya yang menjadi pedoman hidup dengan memanfaatkan setiap kecerdasan dan kompetensi yang dimilikinya. Multiple intelligences ada 9 kecerdasan antara lain : (1) spasial, berfikir dalam foto dan gambar, (2) liguistik, berfikir dengan kata-kata, (3) interpersonal, berfikir melalui komunikasi dengan orang lain, (4) musical, berfikir dalam irama dan melodi, (5) kinestetik, berfikir melalui sensasi dan gerakan fisik, (6) intrapersonal, berfikir secarareflektif diri sendiri, (7) logis-matematis, berfikir dengan penalaran, (8) naturalis, berfikir peka terhadap alam, dan (9) eksistensial, berfikir dalam lingkungan kosmos, memaknai hidup, memahami nasib jasmani dan kejiwaan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif yang akan dilaksanakan di SD 1 Mijen, Kecataman Kaliwungu, Kabupaten Kudus. Objek yang akan diteliti adalah multiple intelligences dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan pencatatan. Analisis data yang digunakan merupakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Siswa kelas V di SD 1 Mijen memiliki beragam kemampuan Multiple intelligences. Kemampuan visual-spasial merupakan yang paling banyak dimiliki oleh siswa, diikuti oleh kemampuan linguistik, intrapersonal, dan logis-matematis yang dimiliki oleh beberapa siswa dengan proporsi yang sama. Kemampuan intrapersonal adalah yang paling sedikit dimiliki oleh siswa. Selanjutnya, siswa dengan hasil belajar tinggi cenderung memiliki kemampuan Multiple intelligences yang beragam dan seimbang, sementara siswa dengan hasil belajar sedang atau rendah cenderung memiliki keterbatasan dalam beberapa jenis kecerdasan, seperti logis-matematis atau intrapersonal. Berdasarkan temuan penelitian, disarankan agar siswa membentuk kelompok belajar dan siswa yang tidak memiliki kecerdasan tertentu mencoba metode belajar yang berbeda yang berkaitan dengan kecerdasan yang kurang dimiliki guru memberikan umpan balik positif dan menggunakan pendekatan pembelajaran yang berbeda dan kreatif sekolah menyediakan fasilitas belajar yang lengkap dan nyaman serta peneliti menggunakan pendekatan campuran untuk analisis yang lebih mendalam.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.F. Shoufika Hilyana, S.Si., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Fatikhatun Najikhah, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Multiple Intelligences, Hasil Belajar, IPAS
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 May 2025 03:17
Last Modified: 19 May 2025 03:17
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23873

Actions (login required)

View Item View Item