MAHMUDAH, SYARIFATUL (2024) Analisis profil pelajar pancasila dalam materi hak dan kewajiban pada siswa kelas iii sd n 3 jepang pakis. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Profil Pelajar Pancasila yang merupakan bagian dari pembentukan karakter di sekolah menjadi esensial dan krusial untuk mencegah penurunan kualitas bangsa Indonesia. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti di SDN 3 Jepang Pakis, masih ada berbagai perilaku yang tidak sejalan dengan Profil Pelajar Pancasila yang terjadi di antara siswa di SDN 3 Jepang Pakis. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis nilai profil pelajar pancasila dalam membentuk karakter siswa pada materi Hak dan Kewajiban di kelas III SDN 3 Jepang Pakis Profil Pelajar Pancasila menggambarkan karakteristik yang dimiliki oleh siswa di Indonesia. Siswa Indonesia diharapkan memiliki keterampilan global dan menunjukkan perilaku yang sesuai dengan prinsip moral Pancasila. Hak adalah sesuatu yang tepat atau menjadi kepemilikan, wewenang untuk melakukan sesuatu yang telah ditetapkan oleh undang-undang atau peraturan dan kewajiban adalah sesuatu yang diwajibkan atau harus dilakukan, tugas atau pekerjaan yang harus dipenuhi, tanggung jawab yang diatur oleh hukum, segala sesuatu yang menjadi tugas manusia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif studi kasus oleh Robert K. Yin. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan yaitu pencocokan pola. Hasil penelitian menunjukkan siswa kelas III SDN 3 Jepang Pakis mampu menunjukkan nilai-nilai seperti Beriman bertakwa, Berkebhinekaan Global, Bergotong royong, Mandiri, Bernalar Kritis, dan Kreatif dalam pembelajaran tersebut. Mereka menunjukkan toleransi, kerja sama dalam kelompok, patuh terhadap aturan, berpikir kritis, dan ekspresi kreatif Kesimpulannya Implementasi Kurikulum Merdeka di SD 3 Jepang Pakis bertujuan memperkuat Profil Pelajar Pancasila dengan memberikan kebebasan belajar kepada siswa melalui kegiatan intrakurikuler dan kokurikuler yang meningkatkan kemampuan akademik dan karakter mereka. Nilai-nilai Pancasila terintegrasi dalam kurikulum melalui pendekatan yang menekankan materi Hak dan Kewajiban, penguatan nilai beriman, bertakwa, serta bernalar kritis. Proyek P5 dan budaya sekolah yang inklusif mendukung gotong royong dan keberagaman global.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Dr. Wawan Shokib Rondli, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Diana Ermawati, S.Pd, M.Pd. |
Kata Kunci: | Profil Pelajar Pancasila, Pendidikan Pancasila, Hak dan Kewajiban |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 19 May 2025 03:44 |
Last Modified: | 19 May 2025 03:44 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23876 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
