Andriyani, Andriyani (2024) Pengembangan media edukasi “ritual sambatan desa” dukuh babrik dalam kemampuan mengidentifikasi pemahaman ide pokok siswa sd di kabupaten kudus. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan analisis kebutuhan guru dan siswa terhadap pengembangan media edukasi dalam kemampuan mengidentifikasi pemahaman ide pokok siswa sekolah dasar, (2) Mengembangkan media edukasi dalam kemampuan mengidentifikasi pemahaman ide pokok siswa sekolah dasar, (3) . Mengetahui kelayakan media edukasi dalam kemampuan mengidentifikasi pemahaman ide pokok siswa sekolah dasar, dan (4) Mengukur efektivitas media edukasi dalam kemampuan mengidentifikasi pemahaman ide pokok siswa sekolah dasar. Metode penelitian menggunakan Research and Development diadopsi dari Borg dan Gall (Sugiyono, 2016) dengan tiga tahapan yang disederhanakan yaitu pendahuluan, pengembangan, dan uji efektivitas, melalui sepuluh tahapan penelitian yang disesuaikan menjadi tujuh tahapan penelitian sesuai apa yang dibutuhkan peneliti, yaitu pertama permasalahan dan potensi, kedua pengumpulan data, ketiga desain produk, keempat validasi desain, kelima revisi desain, keenam uji coba produk, dan yang terakhir revisi produk. Validasi dilakukan oleh dua ahli materi, dua ahli media, dan dua ahli bahasa. Percobaan uji kepraktisan dan uji efektivitas dilakukan pada 30 siswa kelas IVB sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan lembar penilaian media, dan tes hasil belajar peserta didik. Uji validitas instrumen hasil capaian pembelajaran menggunakan rumus korelasi product moment dengan angka kasar. Sedangkan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus KR-2. Adapun analisis data menggunakan uji Gain dan Uji-T. Penelitian menunjukkan hasil bahwa Pengembangan media edukasi digital dapat dikembangkan melalui analisis angket kebutuhan guru dan siswa. Kedua, media edukasi digital merupakan media yang didesain secara interaktif dan dapat diakses secara online maupun offline yang memanfaatkan platform website canva.com. Ketiga, media edukasi digital dapat memenuhi uji kelayakan berdasarkan penilaian ahli materi 96,09 %, ahli media 96,09% dan ahli bahasa 95,32% . Hasil respon guru respon siswa dengan kategori sangat baik. Keempat menggunaan media edukasi digital terlihat efektif dengan hasil uji n-gain pada uji coba terbatas 0,56 dengan tingkatan sedang. Sedangkan pada hasil uji n Gain pada uji coba luas kelas eksperimen mendapatkan skor rata-rata n-Gain 0,77 dengan tingkatan tinggi, dan kelas kontrol mendapatkan skor rata-rata n-Gain 0,54 dengan tingkatan sedang. Dapat disimpulkan bahwa media edukasi digital berbasis kearifan lokal sangat sesuai dimanfaatkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dan sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam pengembangannya Peneliti dapat menyarankan, media edukasi digital ini bisa dipergunaka sebagai media pembelajaran berbasis teknologi di sekolah.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1. Dr. Irfai Fathurohman, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2. Dr. Nur Fajrie, S.Pd., M.Pd |
Kata Kunci: | Ide Pokok, Media Edukasi, Sekolah Dasar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 19 May 2025 04:01 |
Last Modified: | 19 May 2025 04:01 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23878 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
