Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media rimba terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada muatan ipas kelas v sdn tanjang

KURNIANTO, IRAWAN (2024) Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media rimba terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada muatan ipas kelas v sdn tanjang. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman judul]
Preview
Text (Halaman judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kemampuan berfikir kritis dan peningkatan kemampuan berfikir kritis sebelum dan sesudah diterapakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media rimba dalam pembelajaran IPAS kelas V SDN Tanjang. Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang dikembangkan untuk membantu guru mengembangkan kemampuan berfikir dan keterampilan memecahkan masalah pada siswa selama mereka mempelajari materi pembelajaran. Kemampuan berpikir kritis merupakan proses kognitif siswa secara sistematis dan spesifik menganalisis masalah yang dihadapinya, membedakan masalah tersebut secara cermat dan menyeluruh, serta mengidentifikasi dan mengkaji informasi untuk merencanakan strategi pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan model one group pretest-postest design yang dilaksanakan di kelas V SDN Tanjang dengan subjek 18 siswa. Penelitian ini menjadi 1 siklus yaitu pretest, diberi perlakuan dan postest. Variabel bebas adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media rimba. Variabel terikatnya yakni kemampuan berfikir kritis siswa kelas V SDN Tanjang. Metode pengumpulan data berupa wawancara dan observasi. Analisis data berupa analis data kuantitatif yaitu Paired Sample T-Test dan N-Gain. Hasil penelitian dengan model Problem Based Learning berbantuan media rimba dapat meningkatankan kemampuan berfikir kritis siswa yaitu dari Skor Uji Paired Sample T-test ditunjukkan dengan sig dalam temuan penelitian ini. 2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dengan rata-rata nilai pretest sebesar 54,39 sedangkan ratarata nilai posttest sebesar 93,22, hal itu terdapat perbedaan pada kemampuan berfikir kritis siswa. Hasil uji N-Gain dari mean nilai posttest dan pretest diperoleh 0,849 yang lebih dari 0,7 dengan kriteria peningkatan tinggi. Nilai minimal dan maksimal dalam perhitungan ini sebesar 50% dan 100%, hal itu terdapat peningkatan pada kemampuan berfikir kritisi siswa. Berdasarkan hasil penelitian di kelas V SDN Tanjang dapat disimpulkan bahwa bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning pada kelas V SDN Tanjang yang didukung dengan media rimba ada perbedaan signifikan dan peningkatan kemampuan berfikir kritis siswa muatan IPAS pada kelas V SDN Tanjang.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbng: 1.Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd, M.A. Dosen Pembimbing: 2.Ika Ari Pratiwi, M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Berfikir Kritis, Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Media Rimba
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 May 2025 04:27
Last Modified: 19 May 2025 04:27
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23879

Actions (login required)

View Item View Item