PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 4 DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI SD 1 PURWOREJO KUDUS

Asparta, Ghani Yunus (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 4 DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI SD 1 PURWOREJO KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (27Mb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (169Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (338Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (532Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (2781Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (169Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (54Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (52Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (Lampiran ) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (40Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Asparta, Ghani Yunus. 2013. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning di SD 1 Purworejo. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (I) Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd, (II) Sumaji, S.Pd, M.Pd Kata Kunci: Hasil belajar, matematika, contextual teaching and learning Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya indikasi hasil belajar matematika siswa kelas IV SD 1 Purworejo yang masih rendah. Pembelajaran yang masih bersifat konvensional dan tidak berorientasi pada kenyataan, yang cenderung abstrak menyebabkan siswa sulit mempelajari matematika. Dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) diharapkan dapat membantu meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Hal ini sesuai dengan salah satu karakteristik CTL yaitu pembelajaran yang menghubungkan siswa dengan kehidupan nyata sehingga mendorong siswa untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan mereka. Rumusan masalah yang akan dibahas dan diuraikan pada penelitian ini “Apakah model pembelajaran CTL dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan kelas IV semester 2 SD 1 Purworejo?”. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui “Apakah ada peningkatan hasil belajar matematika siswa materi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan kelas IV dengan menggunakan model CTL di SD 1 Purworejo”. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yaitu dengan langkah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian kondisi awal siswa sebelum tindakan mendapat ketuntasan klasikal sebesar 19% dengan rata-rata 50,56 meningkat pada siklus I menjadi 56% dengan rata-rata 60,69 dan pada siklus II meningkat menjadi 88% dengan rata-rata 69,25. Aktivitas belajar siswa secara individu pada siklus I mendapat rata-rata 64% dengan kualifikasi “cukup” meningkat pada siklus II menjadi 79% dengan kualifikasi “baik”. Kinerja guru pada siklus I mendapatkan rata-rata 74% dengan kualifikasi “baik” meningkat pada siklus II menjadi 90,5% dengan kualifikasi “sangat baik”. Simpulan pada penelitian ini adalah pengunaan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa, aktivitas belajar siswa baik, serta kinerja guru. Saran dalam penelitian ini, yaitu (a) guru harus lebih memperhatikan penerapan konteks materi yang diajarkan, (b) penggunaan model pembelajaran CTL harus dipersiapkan dengan matang dan bisa mengatur alokasi waktu dengan baik, (c) penggunaan model pembelajaran CTL harus mampu sekreatif mungkin dalam menanamkan konsep kepada siswa.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: pembimbing:Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd,
                    Uncontrolled Keywords: pendidikan dasar,PGSD
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
                    Tanggal Deposit: 27 Mar 2014 10:08
                    Last Modified: 27 Mar 2014 10:08
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2388

                    Actions (login required)

                    View Item