Implementasi asesmen autentik dalam laporan proyek pembelajaran ipas sdn sidomulyo 02 di kecamatan gunungwungkal kabupaten pati

Indhirawati, Ria (2024) Implementasi asesmen autentik dalam laporan proyek pembelajaran ipas sdn sidomulyo 02 di kecamatan gunungwungkal kabupaten pati. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Pendidikan yang berkualitas merupakan kunci untuk menciptakan generasi yang kompeten dan siap menghadapi tantangan global. Dalam konteks ini, asesmen autentik muncul sebagai metode evaluasi yang efektif untuk mengukur kemampuan siswa secara menyeluruh. Asesmen autentik tidak hanya berfokus pada pengetahuan teoritis, tetapi juga pada keterampilan praktis dan sikap siswa dalam menerapkan pengetahuan mereka dalam situasi nyata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi implementasi asesmen autentik dalam pembelajaran di SDN Sidomulyo 02, serta dampaknya terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Penelitian dilakukan di kelas IV, di mana guru menerapkan asesmen autentik dalam bentuk proyek yang relevan dengan materi pembelajaran, khususnya dalam topik perubahan energi. Data yang diperoleh dari observasi dan wawancara dengan guru dan siswa menunjukkan bahwa penerapan asesmen autentik memberikan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan bermakna bagi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asesmen autentik efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa. Guru dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan siswa melalui pengamatan selama proses pengerjaan proyek, yang memungkinkan mereka memberikan umpan balik yang lebih tepat dan konstruktif. Penilaian yang dilakukan mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan, yang memberikan gambaran komprehensif tentang perkembangan siswa. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa asesmen autentik merupakan alat yang sangat berguna dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Dengan melibatkan siswa dalam proyek yang relevan dan menantang, mereka dapat mengembangkan keterampilan penting yang diperlukan untuk menghadapi tantangan di masa depan. Implementasi asesmen autentik tidak hanya meningkatkan hasil belajar siswa, tetapi juga menciptakan lingkungan belajar yang lebih kolaboratif dan interaktif. Oleh karena itu, disarankan agar sekolah-sekolah lebih mengintegrasikan asesmen autentik dalam kurikulum mereka untuk mencapai tujuan pendidikan yang lebih baik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1. Dr. Dra. Sri Surachmi W., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2. Dr. Khamdun, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Asesmen Autentik, Laporan Proyek Pembelajaran IPAS
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 May 2025 01:32
Last Modified: 20 May 2025 01:32
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23895

Actions (login required)

View Item View Item