Sudjadi, Sudjadi (2024) Pengaruh supervisi akademik, kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap peningkatan kinerja guru sekolah dasar di kecamatan undaan kabupaten kudus. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis Pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru. Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru. Pengaruh supervisi akademik, kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja dilakukan bersama-sama terhadap kinerja guru sekolah dasar di Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus. Menurut Sergiovani dan Starrat seperti dikutip E.Mulyasa, (2013:249) bahwa Supervisi akademik adalah suatu proses yang dirancang khusus untuk membantu guru dan pengawas dalam tugas pembelajaran setiap hari di sekolah. Kepemimpinan adalah kemampuan atau sifat-sifat yang dimiliki oleh seorang pemimpin dalam mengarahkan suatu kelompok atau entitas menuju pencapaian tujuan yang telah ditetapkan (Suparman, 2019:10). Menurut Sumardjo & Priansa (2018, hlm. 202) motivasi kerja adalah prilaku dan faktor-faktor yang mempengaruhi pegawai untuk menunjukkan intensitas individu, arah, dan ketekunan sebagai upaya mencapai tujuan organisasi. Wahyudi (2018:266) menjelaskan kinerja guru merupakan hasil kerja nyatakualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang guru dalam melaksanakannya tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Terdapat pengaruh signifikan supervisi akademik terhadap kinerja guru. Peneliti melakukan observasi di sekolah dasar negeri di Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, pada tanggal 8 April 2024. Hasilnya menunjukkan bahwa kepala sekolah melakukan supervisi akademik terhadap guru, memimpin sesuai kemampuan, dan memotivasi guru. Namun, pengaruh ketiga komponen tersebut terhadap kinerja karyawan masih rendah. Hipotesis penelitian ini yaitu: Terdapat pengaruh signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Terdapat pengaruh signifikan motivasi kerja terhadap kinerja guru. Terdapat pengaruh signifikan supervisi akademik, kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru sekolah dasar di kecamatan Undaan Kabupaten Kudus. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah dasar di Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus yang mempunyai populasi mencapai 220 guru dengan penentuan sampling menggunakan rumus tehnik slovin (n=135). Penelitian ini menggunakan instrumen pengumpulan data berupa kuesioner. Pengembangan instrumen dilakukan dengan beberapa cara, yaitu; menyusun indikator variabel penelitian, menyusun kisi-kisi instrumen, melakukan uji coba instrumen, menguji validitas dan reliabilitas instrumen. Desain kuisioner menggunakan skala likert untuk keempat variabel yang ada serta didasarkan pada pedoman instrumen yang dibuat. Responden penelitian angket dibagikan dalam dua kategori : 1) angket variable bebas X1 berupa supervisi akademik, 2) angket variable bebas X2 yaitu kepemimpinan kepala sekolah, angket variable bebas X3 yaitu motivasi kerja, 4) angket variable terikat Y adalah kinerja guru. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi dalam menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan peneliti yaitu uji regresi secara parsial melalui uji t, didapat nilai t hitung pada variabel supervisi akademik = 29,621 > t tabel = 1,65622, nilai Sig. 0,000 < Alpha 5% atau 0,05 sehingga untuk uji hipotesisnya menerima H1 dan menolak Ho. Didapat nilai t hitung pada variabel tingkat kepemimpinan kepala sekolah = 34,447 > t tabel = 1,65622, nilai Sig. 0,000 < Alpha 5% atau 0,05 sehingga untuk uji hipotesisnya menerima H2 dan menolak Ho. Didapat nilai t hitung pada variabel tingkat motivasi kerja = 15,175 > t tabel = 1,65622, nilai Sig. 0,000 < Alpha 5% atau 0,05 sehingga untuk uji hipotesisnya menerima H3 dan menolak Ho. hasil regresi melalui uji F secara simultan, didapat F hitung = 710,274 > F tabel = 2,67 dan nilai Sig. 0,000 < Alpha 5% atau 0,05 sehingga untuk uji hipotesisnya dinyatakan menerima H4 dan menolak Ho. Maka variabel supervisi akademik, kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja miliki pengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa supervisi akademik, kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja miliki pengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Kepala sekolah hendaknya merencanakan program supervisi dan melaksanakan dengan baik, melakukan kepemimpinan kepala sekolah di satuan pendidikan dengan efektif, dan diharapkan mampu memotivasi guru agar mereka tersemangati, dan terdorong untuk melakukan aktivitas dengan keikhlasan, sehingga guru kelas mampu mengembangkan pembelajaran bagi siswa secara komprehensif, terukur dan terstruktur.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1. Dr. Suad, M.Pd., Dosen Pembimbing: 2. Dr. Ahmad Hariyadi, M. Pd. |
Kata Kunci: | Supervisi Akademik, Kepemimpinan Kepala Sekolah Motivasi Kerja, Kinerja Guru |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 20 May 2025 01:45 |
Last Modified: | 20 May 2025 01:45 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23896 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
