Prihantini, Arifah Rahma (2024) Pengembangan e-modul berbasis canva mata pelajaran ipas kelas v di sekolah dasar. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Abstrak
Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah 1) menganalisis kebutuhan E-modul Berbasis Canva Mata Pelajaran IPAS Kelas V di Sekolah Dasar, 2) mengembangkan desain E-modul Berbasis Canva Mata Pelajaran IPAS Kelas V di Sekolah Dasar, 3) menganalisis kelayakan desain E-modul Berbasis Canva Mata Pelajaran IPAS Kelas V di Sekolah Dasar, dan 4) menganalisis keefektifan desain E-modul Berbasis Canva Mata Pelajaran IPAS Kelas V di Sekolah Dasar pada materi rantai makanan dan jaring-jaring makanan kelas V di Sekolah Dasar. Metode penelitian ini menggunakan penelitian R&D (Research and Development). Model pengembangan yang diaplikasikan adalah Brog and Gall dengan mengimplementasikan 7 langkah yaitu analisis potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desai, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Desain uji coba produk menggunakan pretest posttest control group design pada siswa di SDN Kedunguter sebagai kelas eksperimen dan siswa SDN Dukun 1 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan wawancara, angket, observasi dan dokumentasi . Data dianalisis dengan mengakumulasikan jumlah skor. Data keefektifan e-modul berbasis canva dianalisis dengan uji t pada taraf signifikansi 0,05, dan uji N-gain. Hasil penelitian dan pengembangan e-modul berbasis canva dikembangkan sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru kelas V di tiga SD. Pengembangan e modul berbasis canva materi rantai makanan dan jarring-jaring makanan dikembangkan menggunakan aplikasi canva dan flipbook. E-modul berbasis canva dinyatakan sangat layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran, dengan rata-rata hasil presentase validasi ahli yaitu: ahli media 90%, ahli materi 94,4% dengan kategori “sangat layak”, sedangkan untuk respon siswa sebesar 97,5% dan respon guru sebesar 97,3% dengan kategori “sangat layak”. Dengan rerata hasil belajar postest kelas kontrol dan eksperimen, yaitu kelas eksperimen 76,96% sedangkan kelas kontrol 69,64% artinya ada perbedaan hasil belajar postest pada kelas kontrol dan eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Hasil uji N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,46 kategori sedang. Sehingga pembelajaran menggunakan e modul berbasi canva kategori efektif.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1. Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd, M.A, Dosen Pembimbing: 2. Dr. Khamdun, M.Pd. |
Kata Kunci: | E-modul, Canva, IPAS |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 20 May 2025 02:22 |
Last Modified: | 20 May 2025 02:22 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23900 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
