Wahyuni, Enik Eko (2024) Pembelajaran media colour egg box untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengurutkan pola warna di tk kecamatan rembang. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan media Colour Egg Box dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak, khususnya dalam mengenali dan mengurutkan pola warna. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method, pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimental, melibatkan dua kelompok : kelompok eksperimen yang menggunakan media Colour Egg Box dan kelompok kontrol yang tidak menggunakan media tersebut. Pendekatan kualitatif melalui wawancara. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan media Colour Egg Box secara signifikan meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenali pola warna, dengan koefisien positif yang signifikan dan p-value < 0,05. Model penelitian ini mampu menjelaskan 61,32% variabilitas dalam kemampuan kognitif anak. Selain itu, hasil uji Mann-Whitney U menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, di mana kelompok eksperimen menunjukkan kemampuan yang lebih baik dalam mengurutkan pola warna. Wawancara dengan kepala sekolah, pendidik, dan anak didik juga mengonfirmasi bahwa media Colour Egg Box tidak hanya meningkatkan keterampilan kognitif, tetapi juga keterampilan motorik dan motivasi belajar anak anak. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa media Colour Egg Box merupakan alat yang efektif dan menarik dalam pembelajaran anak-anak, memberikan kontribusi positif dalam pengenalan warna dan pola.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1. Dr. Nur Fajrie, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2. Ahmad Hariyadi, M.Pd. |
Kata Kunci: | Media Colour Egg Box, Kemampuan Kognitif, Anak |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 20 May 2025 02:46 |
Last Modified: | 20 May 2025 02:46 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23902 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
