Pengembangan media e-pop up book dalam pembelajaran pendidikan pancasila pada siswa kelas v sekolah dasar di gugus ki hajar dewantara mejobo kudus

Ni’mah, Farihatin (2024) Pengembangan media e-pop up book dalam pembelajaran pendidikan pancasila pada siswa kelas v sekolah dasar di gugus ki hajar dewantara mejobo kudus. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk (1) menganalisis kebutuhan E-Pop Up Book pada materi Pancasila dalam kehidupanku, (2) mendeskripsikan desain media E-Pop Up Book pada materi Pancasila dalam kehidupanku, (3) membuktikan kelayakan media E-Pop Up Book, dan (4) membuktikan keefektifan E-Pop Up Book dalam pembelajarana pendidikan Pancasila pada kelas V Sekolah Dasar. Media E-Pop Up Book merupakan pengembangan media Pop Up Book berbasis digital yang menuangkan berbagai gambaran materi secara nyata dalam bentuk 3D dan disertai audio yang dihubungkan dalam aplikasi scan barcode yang dapat membantu peserta didik dalam memahami serta menguasai materi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan ADDIE yang terdiri dari Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation. Teknik pengumpulan data kualitatif penelitian ini menggunakan Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data kuantitatif pada penelitian ini menggunakan angket dan tes. Angket validasi ditujuakan kepada ahli media, materi, dan bahasa. Pada uji keabsahan instrument hasil belajar penelitian ini menggunakan uji validitaas dan uji reliabilitas. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kelayakan produk, analisis data awal nengggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan analisis efektifitas produk menggunakan uji n-gain dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media E-Pop Up Book dalam materi Pancasila dalam kehidupanku dibutuhkan oleh siswa karena siswa membutuhkan media yang menarik dan dapat diakses secara mandiri. Media E-Pop Up Book materi Pancasila dalam kehidupanku memuat petunjuk penggunaan, apersepsi, tujuan, materi, video, quiz, dan profil pengembang. Hasil dari validasi ahli media sebesar 3,5 dengan kriteria sangat layak, ahli materi sebesar 3,45 dengan kriteria sangat layak, dan ahli bahasa sebesar 3,50 dengan kriteria sangat layak. Hasil ujicoba kelompok kecil didapatkan rata-rata skor angket respon guru sebesar 3,40 dengan kategori sangat layak dan angket respon siswa memperoleh rata-rata skor sebesar 3,32 dengan kategori sangat layak Nilai signifikansi uji t-independen hasil belajar adalah lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,018. Hasil n-gain kelas kontrol sebesar 0,56 dengan kategori Sedang, sementara kelas eksperimen sebesar 0,73 dengan kategori Tinggi. Dari hasil n-gain yang diperoleh dapat diketahui bahwa n gain pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol. Kesimpulan dalam penelitian ini media E-Pop Up Book dalam materi Pancasila dalam kehidupanku layak dan efektif digunakan pada siswa kelas V SD di gugus Ki hajar dewantoro mejobo. Saran dalam penelitian ini yaitu siswa dan guru dapat memanfaatkan produk E-Pop Up Book dalam pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1. Dr. Suad, S.Pd., M.Pd., Dosen Pembimbing: 2. Dr. Wawan Shokib Rondli, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: E-Pop Up Book, Pendidikan Pancasila, Sekolah Dasar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 May 2025 02:54
Last Modified: 20 May 2025 02:54
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23903

Actions (login required)

View Item View Item