Wardani, Juwita Heka (2024) Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepemimpinan kepala sekolah dalam pelaksanaan kurikulum merdeka serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kepala sekolah dalam pelaksanaan kurikulum merdeka pada satuan pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian campuran (mix method) yang akan menggunakan pendekatan sequetial explanatory yang dilaksanakan di 20 sekolah dasar negeri di Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dengan survey type croos sectional design dengan istrumen angket dan analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif dilakukan secara deskriptif dan naratif. Hasil penelitian menunjukan dalam kepemimpinan kepala sekolah sudah melakukan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi dalam pelaksanaan kurikulum merdeka. Pada perencanaan memperoleh skor 4,51% dan pengorganisasian memperoleh skor 4,34% dengan kritera sangat baik. Dalam pelaksanaannya memperoleh skor 4,14% serta evaluasi memperoleh skor 4,18 % dengan kritera baik. Maka keseluruhan dapat diperoleh rata rata skor 4,2% dengan kritera baik. Kepemimpinan kepala sekolah dengan adanya faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi telah berperan sebagai perubahan dilingkungan sekolah yang sudah menerapkan kurikulum merdeka. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah kepemimpinan kepala sekolah sangat penting dan berperan dalam pelaksanaan kurikulum merdeka karena sebagai penanggung jawab dalam perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Pelaksanaan kurikulum merdeka tentunya terdapat faktor penghambat dan pendukung kepala sekolah dalam menjalankan perannya. Faktor pendukungnya yaitu adanya fasilitas yang diberikan kepala sekolah dalam pelaksanaan kurikulum merdeka baik kepada pendidik maupun murid. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurikulum merdeka merupakan kurikulum baru jadi kepala sekolah dan guru masih beradaptasi dengan perubahan kurikulum tersebut.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1. Dr. Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2. Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd. |
Kata Kunci: | Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Kurikulum Merdeka |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 20 May 2025 03:20 |
Last Modified: | 20 May 2025 03:20 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23904 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
