Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka

Wardani, Juwita Heka (2024) Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5]
Preview
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepemimpinan kepala sekolah dalam pelaksanaan kurikulum merdeka serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kepala sekolah dalam pelaksanaan kurikulum merdeka pada satuan pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian campuran (mix method) yang akan menggunakan pendekatan sequetial explanatory yang dilaksanakan di 20 sekolah dasar negeri di Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dengan survey type croos sectional design dengan istrumen angket dan analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif dilakukan secara deskriptif dan naratif. Hasil penelitian menunjukan dalam kepemimpinan kepala sekolah sudah melakukan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi dalam pelaksanaan kurikulum merdeka. Pada perencanaan memperoleh skor 4,51% dan pengorganisasian memperoleh skor 4,34% dengan kritera sangat baik. Dalam pelaksanaannya memperoleh skor 4,14% serta evaluasi memperoleh skor 4,18 % dengan kritera baik. Maka keseluruhan dapat diperoleh rata rata skor 4,2% dengan kritera baik. Kepemimpinan kepala sekolah dengan adanya faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi telah berperan sebagai perubahan dilingkungan sekolah yang sudah menerapkan kurikulum merdeka. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah kepemimpinan kepala sekolah sangat penting dan berperan dalam pelaksanaan kurikulum merdeka karena sebagai penanggung jawab dalam perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Pelaksanaan kurikulum merdeka tentunya terdapat faktor penghambat dan pendukung kepala sekolah dalam menjalankan perannya. Faktor pendukungnya yaitu adanya fasilitas yang diberikan kepala sekolah dalam pelaksanaan kurikulum merdeka baik kepada pendidik maupun murid. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurikulum merdeka merupakan kurikulum baru jadi kepala sekolah dan guru masih beradaptasi dengan perubahan kurikulum tersebut.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1. Dr. Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2. Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd.
Kata Kunci: Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Kurikulum Merdeka
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 May 2025 03:20
Last Modified: 20 May 2025 03:20
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23904

Actions (login required)

View Item View Item