Rusfriyanti, Rindy Berinda (2024) Pengembangan media “menila” dalam pembelajaran pendidikan pancasila pada siswa kelas v sekolah dasar. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada muatan pendidikan pancasila di kelas V sekolah dasar. Penelitian bertujuan untuk (1) menganalisis kebutuhan pengembangan media “Menila” pendidikan Pancasila pada siswa kelas V SD di gugus Sultan Agung Donorojo Jepara, (2) mengembangkan desain media “Menila” materi Pancasila dalam kehidupanku pada siswa kelas V SD di gugus Sultan Agung, (3) membuktikan kelayakan media “Menila” materi Pancasila dalam kehidupanku pada siswa kelas V SD di gugus Sultan Agung, (4) membuktikan keefektifan media “Menila” materi Pancasila dalam kehidupanku pada siswa kelas V SD di gugus Sultan Agung. Media interaktif merupakan salah satu alternatif solusi yang menggabungkan beberapa media untuk membantu guru mempermudah penyampaian materi dan membantu siswa memahami materi ajar. Salah satu pemanfaatan platform untuk mendesain media ialah melalui aplikasi canva. Canva dipilih karena lebih mudah diakses dan dimodifikasi guru. Hasil belajar adalah hasil dari pengetahuan dan pemahaman (kognitif) siswa yang diperoleh selama pembelajaran berlangsung. Pendidikan Pancasila di sekolah dasar merupakan muatan yang menanamkan nilai dan pengetahuan tentang Pancasila. Penelitian merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan metode penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian dilakukan pada siswa kelas V SDN 1 Bandungharjo, SDN 4 Bandungharjo, dan SDN 8 Tulakan. Sumber data adalah siswa, guru, dan ahli. Teknik pengumpulan data kualitatif meliputi wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik pengumpulan data kuantitatif meliputi angket dan tes. Instrumen penelitian berupa pedoman wawancara, dokumentasi, observasi, angket validitas ahli, angket kebutuhan, angket respon, dan tes. Uji keabsahan data meliputi validitas instrumen, reliabilitas, daya beda dan taraf kesukaran. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji n-gain, dan uji t-independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media “Menila” sangat dibutuhkan dalam pembelajaran pendidikan pancasila di kelas V. Media “Menila” memuat apersepsi, tujuan, materi, video, kuis, petunjuk, dan profil pengembang. Hasil validasi ahli media yaitu 3,70 dengan kategori sangat layak. Hasil validasi ahli materi memperoleh rata-rata nilai 3,25 dengan kategori layak, sedangkan hasil ix perolehan validasi ahli bahasa memperoleh rata-rata nilai 3,75 dengan kategori sangat layak. Angket respon guru terhadap media “Menila” mendapat rata-rata skor 3,97 dengan kriteria sangat baik, sedangkan respon siswa rata-rata 3,97 dengan kategori sangat baik. Hasil N-gain kelas eksperimen 0,64 dengan kategori sedang sedangkan kelas kontrol 0,38 sehingga hasil belajar kelas eksperimen mengalami peningkatan lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Dengan demikian ada perbedaan antara siswa yang mengikuti kegiatan belajar menggunakan media “Menila” dibandingkan siswa yang tidak menggunakan. Kesimpulannya, media “Menila” efektif digunakan pada siswa kelas V SD di gugus Sultan Agung Donorojo Jepara. Saran dalam penelitian ini yaitu siswa dan guru dapat memanfaatkan media “Menila” dan mengembangkannya lebih baik lagi.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1. Wawan Shokib Rondli, S.Pd., M.Pd., Dosen Pembimbing: 2. Dr. Khamdun, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Media, Menila, Pendidikan Pancasila SD |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 20 May 2025 07:22 |
Last Modified: | 20 May 2025 07:22 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23911 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
