FATIMAH, SITI (2024) Upaya peningkatan kreativitas pembelajaran kerajinan makrame dengan model pembelajaran think pair share pada kelas v sdn 1 soco. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Proses pembelajaran yang monoton dengan menggunakan model konvesional seperti ceramah dapat menyebabkan keterbatasan kreativitas siswa. Rendahnya kreativitas siswa dikarenakan dalam proses pembelajaran yang diterapkan selalu dalam bentuk teori dan kurang praktek yang ditunjukan dengan nilai kreativitas siswa rendah. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran think pair share dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam kerajinan makrame. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam berkarya keterampilan makrame dan meningkatkan pengetahuan siswa pada materi seni makrame. Kreativitas merupakan suatu proses menciptakan sesuatu yang baru berupa ide, gagasan, maupun karya nyata yang orisinal. Model pembelajaran think pair share memungkinkan siswa untuk memecahkan masalah, memahami materi dalam kelompok, bekerja sama dengan kelompok dan mempresentasikan hasil mereka kepada temannya sebagai salah satu cara untuk mengembangkan kreativitas dan menilai proses pembelajaran yang telah mereka lakukan. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Soco pada kelas V sebanyak 18 orang tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan 2 siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif, Data kualitatif diperoleh dari observasi aktivitas siswa dan keterampilan guru, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan data kuantitatif melalui tes unjuk kerja. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan kreativitas siswa setelah diberikan tindakan melalui kegiatan praktek membuat karya kerajinan seni makrame. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari presentase ketuntasan siswa dari siklus I 22,2% meningkat pada siklus II sebesar 88,8% dengan kategori Kreatif. Aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dari nilai rata-rata 68,9 menjadi 90,1 dengan kategori Sangat Baik, serta Keterampilan Guru juga mengalami peningkatan dari 73,5 menjadi 85,1 dengan kategori Baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model think pair share dapat meningkatkan kreativitas siswa, aktivitas siswa, keterampilan guru pada mata Pelajaran SBDP kelas V SDN 1 Soco. Penelitian ini hendaknya guru dapat menerapkan model think pair share dengan lebih menarik melalui praktek langsung sehingga dapat meningkatkan kreativitas siswa pada pembelajaran kerajinan makrame.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Santoso, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Lovika Ardana Riswari S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Kreativitas, Think Pair Share, Seni Makrame |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 22 May 2025 02:16 |
Last Modified: | 22 May 2025 02:16 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23922 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
