Apresiasi nilai seni ukir gebyok dalam pendidikan berbasis budaya lokal jepara untuk siswa kelas v di sd muhammadiyah blimbingrejo

WULANDARI, FISKA NOVIANA (2024) Apresiasi nilai seni ukir gebyok dalam pendidikan berbasis budaya lokal jepara untuk siswa kelas v di sd muhammadiyah blimbingrejo. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini

Abstrak

Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk Mengidentifikasi tingkat pemahaman siswa kelas V di SD Muhammadiyah Blimbingrejo tentang seni ukir gebyok sebagai bagian dari budaya lokal, dengan fokus pada pengetahuan dasar, makna, dan nilai-nilai yang terkandung dalam seni tersebut. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis peran guru dalam meningkatkan apresiasi siswa terhadap seni ukir gebyok dalam konteks pendidikan berbasis budaya lokal, dengan mengidentifikasi strategi pengajaran yang efektif, kendala yang dihadapi, serta upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman dan penghargaan siswa terhadap seni ukir gebyok. Perkembangan seni gebyok di Jepara menorehkan catatan panjang tentang budaya masyarakat Jepara hingga masa modern ini tetap terjaga eksistensinya. Untuk mempertahankannya, bermula dari keahlian sekelompok masyarakat Jepara dalam hal mengukir yang kemudian diwariskan secara turun-temurun dari satu generasi ke generasi selanjutnya hingga menjadi budaya yang tak lepas dari kehidupan dan peradaban masyarakat Jepara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus yang penelitinya mengeksplorasi kehidupan-nyata, sistem terbatas kontemporer (kasus) atau beragam sistem terbatas (berbagai kasus), melalui pengumpulan data yang detail dan mendalam yang melibatkan beragam sumber informasi atau sumber informasi majemuk (misalnya, pengamatan, wawancara, bahan audiovisual, dan dokumen dan berbagai laporan), dan melaporkan deskripsi kasus dan tema kasus. Hasil dari pemahaman siswa tentang Seni Ukir Gebyok di SD Muhammadiyah Blimbingrejo mencakup berbagai dimensi yang saling terkait, mulai dari pemahaman visual, fungsional, kultural, simbolis, hingga estetika, sehingga peran guru sangatlah penting untuk siswa dalam melestarikan dan menghormati warisan budaya sebagai bagian integral dari identitas individu dan masyarakat. Guru memainkan peran penting dalam mengembangkan sikap positif siswa terhadap budaya lokal. Mereka menekankan pentingnya melestarikan dan menghormati warisan budaya sebagai bagian integral dari identitas individu dan masyarakat. . Dengan pendekatan pendidikan yang tepat, siswa dapat mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang Gebyok, sehingga dapat merasakan koneksi yang lebih kuat dengan tradisi mereka sendiri dan menghargai keberagaman budaya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Dr. Nur Fajrie, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Fatikhatun Najikhah, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Apresiasi Nilai Seni, Seni Ukir Gebyok, Pendidikan Budaya Lokal.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 May 2025 02:57
Last Modified: 22 May 2025 02:57
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23931

Actions (login required)

View Item View Item