HAKIKI, HAFIDHOTUN (2024) Efektivitas model discovery learning berbantuan media mibolokus terhadap pemahaman konsep ipas sd 4 honggosoco. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Abstrak
Proses pembelajaran yang monoton dan selalu bepusat pada guru dapat menyebabkan rendahnya pemahaman konsep siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan kenyataan yang ditemui di SD 4 Honggosoco. Berdasarkan uji pemahaman konsep yang dilaksanakan oleh 20 siswa kelas V, didapati nilai terendah siswa adalah 13 dan nilai tertinggi 30 dengan rata-rata nilai kelas yaitu 20,05. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model Discovery Learning berbantuan media Mibolokus berpengaruh terhadap hasil pemahaman konsep siswa SD 4 Honggosoco pada materi IPAS. Media Mibolokus atau singkatan dari “Mistery Box Berbasis Kearifan Lokal Kota Kudus” adalah sebuah alat bantu pembelajaran yang mengajak siswa untuk belajar memahami konsep cahaya dan bunyi melalui kegiatan percobaan sederhana dan permainan. Di dalam media ini, disajikan deskripsi singkat mengenai kearifan lokal Kota Kudus yang telah dikaitkan dengan materi cahaya dan bunyi. Media ini mengangkat kejadian dan kearifan yang ada pada kehidupan sehari-hari siswa dengan tujuan siswa dapat lebih mudah untuk memahami konsep yang sedang diajarkan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-experiment desain dengan jenis one group pretest posttest. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD 4 Honggosoco dengan teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling jenis purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, test (pretest dan posttest), serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, Uji Paired Sample T-Test dan Uji N-Gain. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model Discovery Learning berbantuan media Mibolokus dapat memberikan perbedaan nilai rata-rata dan dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Pernyataan tersebut dapat diperoleh dari hasil Uji Paired Sample T-Test dan Uji N-Gain pada aplikasi SPSS versi 26. Pada pengujian tersebut diperoleh hasil Uji Paired Sample T-Test dengan signifikansi 0,000 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan hasil Uji N-Gain sebesar 75,4% yang artinya peningkatan pemahaman konsep siswa dapat dikategorikan cukup efektif. Simpulan dari penelitian ini yaitu: (1) penggunaan model Discovery Learning berbantuan media Mibolokus terdapat perbedaan rata-rata skor yang signifikan terhadap hasil pemahaman konssep saat sebelum dan sesudah diberi perlakuan. (2) terdapat peningkatan hasil pemahaman konsep siswa menggunakan model Discovery Learning berbantuan media Mibolokus pada mata pelajaran IPAS Kelas V Bab 1 Sifat-Sifat Cahaya dan Bunyi.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.F. Shoufika Hilyana, S.Si., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Sekar Dwi Ardianti, M.Pd. |
Kata Kunci: | Model Discovery Learning, Media Mibolokus, Pemahaman Konsep. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 22 May 2025 06:54 |
Last Modified: | 22 May 2025 06:54 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23956 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
