ANUGRAHENI, ANGGIE WIDARI (2024) Penerapan model ctl meningkatkan hasil belajar siswa berbantuan media disila berbasis budaya pendidikan pancasila kelas v sd 8 gondosari. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, keterampilan guru, aktivitas siswa dan pemahaman hubungan antar sila Pancasila melalui Model Contextual Teaching and Learning berbantuan media DISILA (Diagram Pancasila) pada siswa kelas V SD 8 Gondosari. Model Contextual Teaching And Learning proses pembelajaran yang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari dengan dibantu guru memotivasi mengkaitkan dengan kehidupan nyata agar meningkatkan hasil belajar. Media Diagram Pancasila (DISILA) adalah Diagram bergambar simbol-simbol sila pancasila, dan gambar penerapan sikap dalam kehidupan sehari-hari dikaitkan dengan kearifan lokal. Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa selama proses pembelajaran yang dapat diukur melalui sikap, keterampilan dan pengetahuan, pemahaman yang diraih siswa dalam tingkat penguasaan materi setelah menerima pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 8 Gondosari dengan subjek penelitian 17 peserta didik yang berlangsung selama 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes, dan sokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini dapat dijelaskan sebagai berikut: Keterampilan guru terdapat peningkatan siklus I mencapai presentase 66% kategori baik, sedangkan siklus II mencapai presentase 92% kategori sangat baik. Aktivitas siswa siklus I mencapai presentase 58% kategori cukup, sedangkan siklus II mencapai presentase 73% kategori baik. Terdapat peningkatan hasil belajar siklus I rata – rata 71 mencapai presentase 65% kategori baik, sedangkan siklus II rata – rata 82 mencapai presentase 88% kategori sangat baik sehingga pada siklus II dinyatakan berhasil karena sudah mencapai indikator kinerja. Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang sudah dilakukan pada kelas V SD 8 Gondosari, dapat disimpulkan bahwa adanya penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbantuan media DISILA dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Much Arsyad Fardani, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Santoso, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Hasil Belajar, Model Contextual Teaching and Learning, Pendidikan Pancasila, Media DISILA. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 May 2025 01:50 |
Last Modified: | 23 May 2025 01:50 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23966 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
