Pengaruh model problem based learning berbantuan media ular tangga pintar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas iii sd

QUTRUN NADA, ANNISA (2024) Pengaruh model problem based learning berbantuan media ular tangga pintar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas iii sd. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah disebabkan rendahnya kemampuan pemahaman matematis peserta didik pada mata pelajaran matematika kelas III SD Negeri Cangkring B Karanganyar, Demak. Tujuan penelitian ini mengetahui adanya pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media tangga ular pintar terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas III. Model Problem Based Learning adalah pendekatan pembelajaran di mana siswa mempelajari konsep dan keterampilan melalui pemecahan masalah yang relevan. Media "Ular Tangga Pintar" adalah suatu media pembelajaran yang dirancang dengan konsep permainan ular tangga diintegrasikan dengan materi matematika, khususnya keliling dan luas bangun datar. Kemampuan pemahaman konsep matematis adalah kemampuan seseorang untuk memahami, menerapkan, dan menggeneralisasi konsep-konsep matematika dalam berbagai situasi Dalam penenelitian ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan metode eksperimen semu. Di dalam metode eksperimen semu (quasi eksperimen design) dengan bentuk One group design dengan model Problem Based Learning berbantuan media tangga pintar Variabel bebas pada penelitian ini model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media tangga pintar, dan variabel terikatnya adalah Kemampuan Pemahaman konsep matematis peserta didik kelas III. Hasil uji paired sample t-test, rata-rata nilai posttest siswa (83.52) menunjukkan peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan nilai pretest (53.70). Nilai signifikansi sebesar 0.000 yang kurang dari 0.05, yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest. Hasil uji gain menunjukkan bahwa nilai N-Gain rata-rata siswa adalah 0.6281, yang termasuk dalam kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang cukup signifikan dalam pemahaman konsep matematis. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh dan peningkatan penerapan model Problem Based Learning berbantuan media Ular Tangga Pintar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas III SDN Cangkring B.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Moh Syaffruddin Kuryanto, S.Si, M.Or Dosen Pembimbing: 2.Diana Ermawati, S.Pd, M.Pd
Kata Kunci: Problem Based Learning, Pemahaman matematis, media tangga pintar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 May 2025 07:14
Last Modified: 23 May 2025 07:14
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23983

Actions (login required)

View Item View Item