Peningkatan minat dan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning (pbl) berbantuan media puzzle pada pembelajaran ipas kelas iv sd kayuapu

YUSRIL FALAAH, MUHAMMAD (2024) Peningkatan minat dan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning (pbl) berbantuan media puzzle pada pembelajaran ipas kelas iv sd kayuapu. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan media puzzle dan menemukan peningkatan minat belajar siswa pada materi IPAS tentang makhluk hidup dan proses kehidupannya di kelas IV SD Kayuapu. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) merupakan suatu pendekatan pembelajaran dimana siswa belajar melalui pemecahan masalah yang relevan dan nyata. Langkah-langkah dalam model pembelajaran berbasis masalah adalah penentuan masalah, pembentukan kelompok, penelitian, kolaborasi, pemecahan masalah, presentasi dan evaluasi. Media puzzle merupakan suatu alat atau bahan pembelajaran yang berbentuk puzzle dan digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep, keterampilan atau pengetahuan pada suatu mata pelajaran. Media ini terdiri dari potongan-potongan yang saling berkaitan dan harus disusun sedemikian rupa sehingga membentuk suatu gambar, kata, atau konsep yang utuh. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD Kayuapu dengan subjek penelitian seorang guru manajemen pembelajaran dan siswa sebanyak 15 orang. Penelitian berlangsung selama 2 siklus. Pada siklus I dan siklus II dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Variabel bebasnya adalah model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan media puzzle, sedangkan variabel terikatnya adalah minat dan hasil belajar siswa. Instrumen penelitian ini berupa lembar wawancara, pedoman observasi, tes, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media puzzle dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPAS. Hal ini dapat terlihat dari ketercapaian indikator keberhasilan yakni (1) keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I dan II meningkat dari presentase 74% dengan kriteria “baik” menjadi 85% dengan kriteria “sangat baik” (2) hasil belajar siswa pada elemen keterampilan proses siklus I ke siklus II meningkat dari presentase 65% dengan kriteria “baik” menjadi 82% dengan kriteria “baik”, serta hasil belajar siswa pada elemen pemahaman ipas siklus I ke siklus II meningkat dari presentase 73% dengan kriteria “baik” menjadi 79% dengan kriteria “baik” (3) minat belajar siswa pada siklus I ke siklus II meningkat dari presentase 72,4% dengan kriteria “baik” menjadi 85,6% dengan kriteria “sangat baik”. Simpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media puzzle dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, hasil belajar siswa, dan minat belajar siswa dalam pembelajaran IPAS kelas IV SD Kayuapu.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Sekar Dwi Ardianti, S.Pd., M.Pd., Dosen Pembimbing: 2.Dr. Yuni Ratnasari, S.Si., M.Pd.
Kata Kunci: Minat dan Hasil Belajar Siswa, Model Problem Based Learning (PBL), Media Puzzle.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 24 May 2025 02:27
Last Modified: 24 May 2025 02:27
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23996

Actions (login required)

View Item View Item