FITA SARI, SYILFI (2024) Penerapan model problem based learning menggunakan lks etnomatematika terhadap peningkatan bernalar kritis pada profil pelajar pancasila siswa kelas v sd. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan bernalar kritis siswa kelas V SD 1 Bulungcangkring. Hal tersebut disebabkan oleh rendahnya minat belajar siswa, serta terbatasnya ketersediaan media pembelajaran yang dapat mendukung pembelajaran. Oleh sebab itu, penelitian ini menggunakan LKS Etnomatematika untuk menunjang kegiatan pembelajaran pada kemampuan bernalar kritis. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui penerapam model problem based learning menggunakan LKS etnomatematika terhadap peningkatan bernalar kritis pada profil pelajar pancasila siswa kelas V SD. Model problem based learning merupakan model pembelajaran dimana siswa dihadapkan dengan masalah kontekstual yang ada di dalam dunia nyata. LKS Etnomatematika merupakan pendekatan pembelajaran matematika berbasis budaya. Profil pelajar pancasila merupakan kumpulan karakter dan kompetensi yang diharapkan dicapai oleh siswa berdasarkan nilai luhur pancasila. Bernalaran kritis merupakan bagian dari berpikir matematis yang harus dimiliki setiap siswa ketika menghadapi berbagai permasalahan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pre-experimental dengan pendekatan kuantitatif. Desain dalam penelitian ini yaitu one group pretest-posttest. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling. Populasi penelitian ini adalah kelas V dengan jumlah siswa 37. Sampel pada penelitian ini adalah kelas V dengan jumlah 37 siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini berupa uji instrument, uji prasyarat dengan uji Shapiro-Wilk. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pretest sebesar 53,04 dan postest sebesar 80,67. Hasil dari prasyarat berupa uji normalitas jenis Shapiro Wilk, dengan nilai pretest sebesar 0,093 dan postest sebesar 0,083 sehingga dinyatakan berdistribusi normal, karena hasil pretest dan postest > 0,05. Uji hipotesis menggunakan uji Paired Sample T-Test dengan hasil signifikansi (2-tailed) adalah sebesar 0,000 dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak karena sig (0,000) < 0,05 dan uji N-Gain sebesar 0,5966 atau 59,6577% dengan kategori sedang. Kesimpulan pada penelitian ini adalah model problem based learning dinyatakan cukup efektif dan dapat digunakan dalam pembelajaran matematika. Khususnya dalam bernalar kritis di SD N 1 Bulungcangkring. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata uji Paired Sample T-Test dan uji N-Gain pada peningkatan hasil pretest dan postest.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Dr. Wawan Shokib Rondli, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Diana Ermawati, M.Pd. |
Kata Kunci: | Model Problem Based Learning, LKS Etnomatematika, Bernalar Kritis, Profil Pelajar Pancasila |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 24 May 2025 02:33 |
Last Modified: | 24 May 2025 02:33 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23997 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
