AMELIA PUTRI, NAELA EVI (2024) Upaya peningkatan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran ipas melalui model problem based learning berbantuan flipbook kearifan lokal kudus di sdn demangan. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan ; 1) Untuk mengetahui peningkatan keterampilan mengajar guru dalam menggunakan problem based learning berbantuan flipbook kearifan lokal Kudus dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPAS di kelas V SDN Demangan. 2) Untuk mengetahui upaya peningkatan kemampuan berpikir kritis melalui model problem based learning berbantuan flipbook kearifan lokal Kudus pada pembelajaran IPAS kelas V SDN Demangan. Kemampuan berpikir kritis adalah salah satu kompetensi yang harus dikembangkan siswa. Siswa harus dibina dan dilatih melalui kegiatan pembelajaran, agar kemampuan ini tumbuh dan berkembang. Model pembelajaran berbasis masalah yang didukung media flipbook merupakan model dan media pembelajaran terstruktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi interaksi siswa dengan tujuan meningkatkan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas V SDN Demangan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah hasil keterampilan mengajar guru yang mengalami peningkatan dengan jumlah rata – rata pada siklus I mencapai 80% dan siklus II mencapai 91%. Dan hasil penerapan model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa hasil siklus I mencapai 50% dengan kategori cukup sedangkan pada siklus II meningkat mencapai 86% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning berbantuan media flipbook kearifan lokal kudus dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan keterampilan mengajar guru pada pembelajaran IPAS.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Imaniar Purbasari, S.Pd,M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Rani Setiawaty, S.Pd,M.Pd. |
Kata Kunci: | Berpikir Kritis, IPAS, Problem Based Learning, flipbook Kearifan Lokal Kudus |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 24 May 2025 02:42 |
Last Modified: | 24 May 2025 02:42 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23999 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
