Penerapan model pembelajaran student team achievment division (stad) berbantuan media basik energi untuk meningkatkan hasil belajar ipas siswa sd

WULANDARI, DINAR DWI (2024) Penerapan model pembelajaran student team achievment division (stad) berbantuan media basik energi untuk meningkatkan hasil belajar ipas siswa sd. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPAS siswa kelas IV dengan penerapan model pembelajaran STAD (Student Team Achievment Division) berbantuan media aplikasi Basik Energi dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV, (2) Untuk mengetahui peningkatan keterampilan mengajar guru dalam menerapkan Student Team Achievment Division berbantuan media aplikasi Basik Energi pada pembelajaran IPAS kelas IV SD 2 Kesambi. Model pembelajaran Student Team Achievment Division merupakan salah satu strategi pembelajaraan kooperatif dengan cara mengelompokkan siswa kedalam kelompok-kelompok kecil dengan level kemampuan akademik yang berbeda untuk saling bekerja sama dan berdiskusi dengan anggota kelompoknya dalam memahami materi pembelajaran. Media pembelajaran basik energi adalah bentuk media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi serta mencakup suatu sistem yang diharapkan dapat menambah inovasi baru dalam merancang strategi pembelajaran di masa kini, dikarenakan materi yang disajikan lebih bervariasi dan akan menyenangkan bagi siswa. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan 2 siklus. Pada siklus I dan siklus II dilaksanakan dalam 2 pertemuan, dengan tahapan perencanaan pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri dari guru dan siswa kelas IV SD 2 Kesambi. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dengan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Adanya peningkatan hasil belajar IPAS pada elemen pemahaman IPAS yaitu ketuntasan klasikal sebesar 68 % pada siklus I dan meningkat pada siklus II sebesar 89 %. Sedangkan pada elemen keterampilan proses pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 61% dan meningkat pada siklus II sebesar 81% (2) Adanya peningkatan keterampilan mengajar guru sebesar 72% pada siklus I dan meningkat sebesar 91%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Team Achievment Division (STAD) berbantuan media basik energi dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan mengajar guru pada muatan pelajaran IPAS. Pada penelitian ini hendaknya guru dapat menerapkan model Student Team Achievment Division berbantuan media basik energi menjadi menarik sehingga siswa dapat memahami materi dengan baik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Siti Masfuah, M.Pd., Dosen Pembimbing: 2.Rani Setiawaty, M.Pd.
Kata Kunci: tudent Team Achievment Division, Media Basik Energi, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 24 May 2025 03:01
Last Modified: 24 May 2025 03:01
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24001

Actions (login required)

View Item View Item