ARYANTI, SITI MAULINA (2024) Peningkatan keterampilan menulis puisi dengan model ctl berbantu media pop up book pamenpus kelas iv sdn cengkalsewu 01. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SDN Cengkalsewu 01 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang disebabkan karena model dan strategi pemebalajaran yang kurang sesuai serta penyampaian materi yang masih konvensional. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SDN Cengkalsewu 01 dengan menggunakan model CTL ( Contextual Teaching Learning ) berbantu media Pop Up Book Pamenpus. Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan model pembelajaran yang dapat membantu guru dalam mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapanya dengan kehidupan mereka sehari-hari sehingga mereka berpengetahuan, berkterampilan yang dinamis dan fleksibel untuk mengonntruksi sendiri secara aktif pemahamanya. Siswa bisa belajarvdengan baik materi ajar yang terkait dengan pengetahuan dan kegiatan yang telah dikeytahuinya dan terjadi di sekililingnya. Media pembelajaran Pop Up Book merupakan sebuah alat peraga tiga dimensi yang dapat menstimulasi imajinasi anak berupa suatu buku yang memiliki bagian didalam nya yang dapat menghasilkan gerakan dan memberikan visualisasi yang menarik untuk meningkatkan pemahaman khushsnya pemahaman materi tentang mebuliskan puisi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN Cengkalsewu 01. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 25 siswa, dengan 10 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing pertemuan setiap siklusnya sebanyak dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisi data yang digunakan meliputi analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada keterampilan menulis puisi siswa pada setiap siklusnya, pada siklus I presentasenya sebesar 48 % dengan nilai rata-rata siswa tujuh puluh satu dan pada siklus II presentasenya sebesar 88 % dengan nilai rata-rata siswa delapan puluh dua. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran CTL ( Contextual teaching Learning) berbantu media Pop Up Book Pamenpus dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SDN cengkalsewu 01 dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Lintang Kironoratri, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Much Arsyad Fardani, M.Pd. |
Kata Kunci: | Keterampilan Menulis Puisi, Model Contextual Teaching Learning, Pop Up Book. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 24 May 2025 04:03 |
Last Modified: | 24 May 2025 04:03 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24005 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
