Pengaruh model project based learning dengan memanfaatkan limbah plastik untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas v sekolah dasar

LESTARI, EVA ARI (2024) Pengaruh model project based learning dengan memanfaatkan limbah plastik untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas v sekolah dasar. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

ujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk menguji pengaruh penggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan bahan limbah plastik untuk menigkatkan kreativitas siswa kelas V Sekolah Dasar. 2) Untuk mendeskripsikan seberapa besar peningkatan kreativitas siswa dalam pembelajaran seni rupa melalui model pembelajaran Project Based Learning dengan bahan limbah plastik pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Model pebelajaran Project Based Learning adalah sebuah model pembelajaran seni rupa murni yang menggunakan proyek atau kegiatan kebagai inti pembelajaran. Limbah plastik adalah limbah atau barang buangan yang berupa plastik yang dihasilkan dari suatu proses produksi, baik industri maupun domestik atau rumah tangga yang lebih dikenal sebagai sampah, yang keberadaanya pada suatu saat dan tempat tertentu tidak dikehendaki lingkungan karena tidak memiliki nilai ekonomis. Kreativitas adalah suatu kemampuan, yakni kemampuan dalam memikirkan dan menciptakan sesuatu yang baru, kemampuan untuk membangun ide – ide yang sudah ada. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian pre eksperimental, dengan one grup pretest posttest design. Penelitian ini dilakukan di SD 3 Padurenan dengan subjek penelitia adalah siswa kelas V berjumlah 14 siswa. Instrumen yang digunakan berupa lembar wawancara, lembar observasi, dan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif menggunakan uji Paired Sample T-Test dan uji N-Gain. Hasil penelitian yang pertama terdapat perbedaan yang signifikan antara ratarata skor pretest dan rata-rata skor posttest siswa. Hasil dari Uji Paired Sample T-Test menunjukan nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,005. Nilai rata-rata pretest sebesar 74,99 nilai maksimal 83,00 dan minimal 65,67. Sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 85,23 dengan nilai maksimal 92,67 dan nilai minimal 79,00. Jadi dapat disimpulkan terdapat perbedaan rata-rata antara skor pretest sebesar74,99 dan skor posttest sebesar 85,23. Dilihat dari uji N-Gain Hasil peningkatan kreativitas siswa menggunakan model pembelajaran Project Based Learning menggunakan limbah plastik menunjukkan nilai singnifikasi nilai rata-rata pretest 74,99 dan posttest 85,23 dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,41 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning dengan memanfaatkan limbah plastik dapat meningkatkan kreativitas siswa. Dengan hasil penelitian ini hendaknya guru dapat menerapkan model Project Based Learning dengan memanfaatkan limbah plastik. Menjadikan siswa tertatik sehingga siswa dapat memahami materi dengan praktik secara langsung.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Much Arsyad Fardani, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Dr. Nur Fajrie, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Model Project Based Learning, Limbah Plastik, Kreativitas
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 24 May 2025 04:43
Last Modified: 24 May 2025 04:43
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24007

Actions (login required)

View Item View Item