Peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran team games tournament berbantuan permainan engklek pada mata pelajaran ipas kelas v sekolah dasar

NURUL FITRIYA, ARYANTI (2024) Peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran team games tournament berbantuan permainan engklek pada mata pelajaran ipas kelas v sekolah dasar. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu (1) meningkatkan hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran Teams Games Tornament (TGT) berbantuan permainan engklek pada mata pelajaran IPAS kelas V SDN Undaan Lor 2 , (2) Meningkatkan keterampilan mengajar guru menggunakan model pembelajaran Teams Games Tornament (TGT) berbantuan permainan engklek. Model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) yaitu salah satu model pembelajaran dimana peserta didik mampu belajar aktif, melatih tanggungjawab terhadap tugas yang diberikan gurunya dengan anggota kelompoknya. Permainan engklek merupakan jenis permainan yang menggunakan media visual yang menunjang peserta didik dalam belajar dengan mengkolaborasikan belajar dan bermain. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan II siklus dan per siklus terdapat 2 pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Undaan Lor 2 dengan subjek 9 peserta didik.. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi, lemba wawancara, dan soal tes. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan permainan engklek dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas V SDN Undaan Lor 2 serta keterampilan mengajar guru. Pada siklus I hasil belajar IPAS mendapatkan hasil ketuntasan klasikal 55,55% dengan kriteria “Sedang”, keterampilan mengajar guru mendapatkan presentase 77,77% dengan kriteria “Baik”. Pada siklus II hasil belajar peserta didik mendapatkan ketuntasan klasikal 77,78% dengan kriteria “Baik” dan keterampilan mengajar guru mendapatkan 88,8% dengan kriteria “Baik”. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, peneliti menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan permainan engklek dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dan keterampilan mengajar guru.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Dr. Suad, M. Pd. Dosen Pembimbing: 2.Moh Syafruddin Kuryanto, S. Si, M. Or.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Teams Games Tournament, Permainan Engklek
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 May 2025 03:25
Last Modified: 26 May 2025 03:25
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24012

Actions (login required)

View Item View Item