Pengaruh penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning (ctl) berbasis educative game terhadap kemampuan berpikir logis pada mata pelajaran ipas siswa kelas v sdn 1 pladen

MAKNUN, LUKLUIL (2024) Pengaruh penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning (ctl) berbasis educative game terhadap kemampuan berpikir logis pada mata pelajaran ipas siswa kelas v sdn 1 pladen. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir logis siswa kelas V SD 01 Pladen saat melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas khususnya pada muatan IPAS. Adapun tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis Educative Game Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Pada Mata Pelajaran IPAS, (2) untuk menganalisis apakah terdapat peningkatan penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis Educative Game Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Pada Mata Pelajaran IPAS. Kemampuan berpikir logis adalah kegiatan berpikir yang tinggi, yang meliputi kegiatan menganalisis, mensintesis, mengenal permasalahan dan cara memecahkannya, menyimpulkan serta mengevaluasi. Pada penelitian ini peneliti melakukan eksperimen untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Serta penggunaan media educative game berupa kartu bergambar yang dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa dalam kegiatan belajar di dalam kelas. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN 01 Pladen yang berjumlah 24 dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis Educative Game sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan berpikir logis siswa. Uji validitas menggunakan Expert Judgment yaitu pendapat dari ahli. Teknik pengumpulan data yaitu berupa dokumentasi dan tes. Analisis data menggunakan Uji T pada aplikasi IBM SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukan uji paired sample statistic t-test menunjukan nilai Sig.(2-tailed) yaitu 0,000 < 0.05, maka terdapat perbedaan rata-rata antara skor pretest (53,02) dan posttest (63,54). Terlihat rata-rata posttest dari hasil nilai tes kemampuan berpikir logis siswa lebih besar dari pada rata-rata pretest, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kemudian persentase nilai N-Gain mendapatkan 21,5% yang menunjukan penafsiran tidak efektif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat perbedaan rata-rata antara skor pretest dan posttest siswa sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis Educative Game terhadap kemampuan berpikir logis siswa kelas V SDN 01 Pladen, dan (2) Terdapat peningkatan skor pretest dan posttest siswa sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan model CTL berbasis Educative Game terhadap kemampuan berpikir logis siswa kelas V SDN 01 Pladen.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Imaniar Purbasari, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.F. Shoufika Hilyana, S.Si., M.Pd.
Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, Educative Game, Berpikir Logis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 May 2025 03:58
Last Modified: 26 May 2025 03:58
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24017

Actions (login required)

View Item View Item