MIHWATUN, MIHWATUN (2024) Peningkatan hasil belajar ipas materi transformasi energi menggunakan model inkuiri dengan media smart box pada siswa kelas iv sd 1 panjang. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Proses pembelajaran yang monoton dan konvensional menggunakan metode cermah dapat menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan kenyataan yang ditemui di SD 1 Panjang. Hasil belajar siswa masih rendah, dari 24 siswa yang tuntas hanya 9 siswa (37%), sedangkan 15 siswa (63%) belum tuntas. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa menggunakan model Inkuiri berbantuan media Smart Box. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan keterampilan proses siswa dengan menerapkan model pembelajaran Inkuiri melalui media Smart Box pada pembelajaran IPAS materi transformasi energi. Hasil belajar adalah prestasi belajar siswa secara keseluruhan. Transformasi energi merupakan proses perubahan bentuk energi dari satu bentuk energi ke bentuk energi yang berbeda. Model pembelajaran Inkuiri adalah kegiatan pembelajaraan yang menekankan pada peran aktif siswa dalam proses eksplorasi, penemuan dan konstruksi pengetahuan. Media Smart Box merupakan alat permainan edukatif yang dirancang khusus untuk mengenalkan kepada siswa mengenai materi transformasi energi. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus yang akan dibagi menjadi 4 pertemuan, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dalam setiap siklus terdiri dari empat tahapan, antara lain perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel terikatnya yaitu hasil belajar dan keterampilan proses siswa. Sedangkan variabel bebasnya yakni model Inkuiri berbantuan media Smart Box. Teknik pengumpulan data meliputi teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi Analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Penelitian hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan nilai presentase sebesar 58% pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 83,33% dengan kriteria Sangat Tinggi. Keterampilan proses siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 71% dan siklus II 81% dengan kriteria sangat tinggi. Dan keterampilan guru memperoleh nilai presentase siklus I 73% dan meningkat pada siklus II sebesar 85% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian pada siswa kelas IV SD 1 Panjang, dapat disimpulkan bahwa penerapan model inkuiri berbantuan media Smart Box berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu, model inkuiri yang dipadukan dengan media Smart Box juga terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa dan memperbaiki keterampilan guru dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.F. Shoufika Hilyana, S.Si., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Diana Ermawati, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Learning Outcomes, Inquiry Model, Smart Box |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 26 May 2025 04:24 |
Last Modified: | 26 May 2025 04:24 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24019 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
