UMASYITHOH, WAHIDATUN NISA (2024) Efektivitas model pembelajaran problem based learning berbantuan media video interaktif terhadap hasil belajar bahasa indonesia kelas iv sdn 2 pelem. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis perbedaan rata-rata penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning berbntuan media video interaktif terhadap hasil belajar siswa dan (2) mengukur seberapa besar peningkatan hasil belajar sesudah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan video interaktif. Model Problem Based Learning adalah suatu model inovatif digunakan untuk memecahkan suatu masalah dunia nyata yang mampu membuat siswa berfikir kritis yang berdampak pada prestasi belajar. media video interaktif adalah media pembelajaran yang disajikan secara audio-visual dimana didalam video harus ada interaksi atau hubungan timbal balik antara siswa dengan media itu sendiri. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif pre eksperimental dengan tipe one group pretest posttest. Populasi dan sampel dari penelitian ini ialah seluruh kelas IV SDN 2 Pelem yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 13 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Variable terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dan variable bebasnya adalah model Problem Based Learning berbantuan media video interaktif. Teknik pengumpulan data meliputi tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrument dalam penelitian ini menggunakan tes tertulis untuk mengukur kemampuan hasil belajar siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis statistic menggunakan uji normalitas, uji paired sample t-test dan uji n-gain menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan pengujian paired sample t-test menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05, menunjukkan perbedaan rata-rata antara skor pretest (47,6) dan posttest (68,56). Berdasarkan uji n-gain, peningkatan rata-rata sebelum dan sesudah diterapkan model Problem Based Learning berbantuan media video interaktif menunjukkan sebesar 0,416 yang menunjukkan kriteria peningkatan sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media video interaktif terhadap hasil belajar dan (2) terdapat peningkatan hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan model Problem Based Learning berbantuan media video interaktif.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Ika Ari Pratiwi, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Much Arsyad Fardani, M.Pd. |
Kata Kunci: | Model PBL, Video Interaktif, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 31 May 2025 01:41 |
Last Modified: | 31 May 2025 01:41 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24032 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
