KUSUMANINGRUM, ERLIANA VIVI (2024) Analisis upaya guru dalam menumbuhkan minat membaca siswa kelas v menggunakan metode pembelajaran resitasi read challenge di sd n 2 mijen. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Kegiatan pembelajaran berpengaruh penting dengan upaya guru, permasalahan yang peneliti dapatkan menurut pengungkapan guru kelas V, saat guru memberikan penugasan membaca siswa enggan untuk melaksanakan, karena adanya permasalahan tersebut guru berupaya menumbuhkan minat membaca dengan menggunakan metode pembelajaran resitasi read challenge, guru telah menerapkan metode namun saat observası peneliti masih menjumpai siswa yang kurang bersemangat saat guru memberikan penugasan membaca, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian apakah metode tersebut berpengaruh guna menumbuhkan minat membaca siswa kelas V Metode pembelajaran resitasi read challenge adalah suatu penyajian pembelajaran dimana guru memberikan tugas tertentu kepada siswa untuk melakukan kegiatan pembelajaran, kemudian harus dipertanggungjawabkan (read challenge), tugas yang diberikan oleh guru dapat memperdalam mata pelajaran, sekaligus dapat membacakan hasil ringkasan materi/bacaan, melakukan tebak-tebakan, melakukan evaluası, dan mendorong anak untuk aktif terlibat dalam pembelajaran baik secara individu maupun kelompok. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan penelitian kualitatif eksploratif Penelitian ini berfokus pada siswa kelas V dan guru kelas V karena yang berperan penting pada saat aktivitas kegiatan pembelajaran di kelas V di SD N 2 Mijen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentası. Uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji kredibilitas dengan teknik triangulası mencakup triangulasi sumber dan triangulası pengumpulan data Hasil penelitian membuktikan bahwa upaya guru menumbuhkan minat membaca siswa kelas V menggunakan metode pembelajaran resitasi read challenge terbukti mampu menyelesaikan penugasan ringkasan dari bahan bacaan dan mampu mempertanggungjawabkan melaksanakan read challenge. Selain itu dibuktikan saat guru memberikan evaluasi berisı bacaan nilai siswa menjadi 93% siswa tuntas KKM sebelum diterapkan metode saat diberi evaluası membaca 60% siswa belum tuntas KKM. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan gambaran untuk menumbuhkan minat membaca pada siswa menggunakan metode pembelajaran resitası read challeng, saat kegiatan pembelajaran guru juga dapat mengkreasikannya
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Lintang Kironoratri, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Dr. Nur Alfin Hidayati, M.Pd. |
Kata Kunci: | Upaya Guru, Minat Membaca, Metode Pembelajaran Resitasi, Read challenge |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 31 May 2025 03:22 |
Last Modified: | 31 May 2025 03:22 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24042 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
