SALSABILA NAUHA, SYIFA (2024) Pengaruh model pembelajaran teams games tournament (tgt) berbantuan media pubbadar terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas v sd 1 getas pejaten. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Berdasarkan hasil studi pendahuluan di SD 1 Getas Pejaten, ditemukan permasalahan yaitu kesulitan dalam memahami konsep pelajaran matematika terutama materi yang menggunakan rumus matematika, siswa juga memiliki daya tangkap dan daya ingat yang rendah. Kurangnya variasi model dan media pembelajaran turut berdampak pada pemahaman konsep siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan rata-rata dan peningkatan pemahaman konsep matematika menggunakan model TGT berbantuan media PUBBADAR pada materi luas daerah bangun datar siswa kelas V SD 1 Getas Pejaten. Model TGT merupakan model pembelajaran kooperatif yang dipilih secara heterogen berisi pembelajaran yang dikemas dalam sebuah permainan dan pertandingan. Media PUBBADAR merupakan media berbentuk buku dengan desain 3D berisi bangun datar, pengertian, ciri-ciri, zona berhitung, dan kuis. Pemahaman konsep yakni kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh siswa agar mampu menyelesaikan masalah terkait matematika. Penelitian ini berupa penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen yakni Pre Eksperimental berbentuk One Group Pretest Posttest Design. Populasi penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh yaitu seluruh siswa kelas V SD 1 Getas Pejaten. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media PUBBADAR dan variabel terikat yaitu pemahaman konsep matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas sebagai uji prasyarat. Pada pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji Paired Sample T-Test dan uji N-Gain. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan, hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat perbedaan rata-rata pemahaman konsep matematika menggunakan model TGT berbantuan media PUBBADAR pada siswa kelas V SD 1 Getas Pejaten. Uji N-Gain memperoleh hasil 0,5142 yang termasuk dalam kategori sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan skor pretest dan posttest pemahaman konsep siswa kelas V SD 1 Getas Pejaten. Penelitian ini mampu memberikan inovasi dan referensi bagi guru dalam menciptakan pembelajaran kontekstual yang sesuai dengan materi, karakter dan kebutuhan siswa. Guru dapat menerapkan model TGT dengan memanfaatkan media pembelajaran PUBBADAR atau yang lainnya dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Lovika Ardana Riswari, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Dr. Wawan Shokib Rondli, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Model TGT, Media PUBBADAR, Pemahaman Konsep Matematika |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 31 May 2025 04:41 |
Last Modified: | 31 May 2025 04:41 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24050 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
