ULLY WARDANI, KURNIA (2024) Efektivitas model rme berbantuan video sibica terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Proses pembelajaran yang kurang bervariatif dan menerapkan sistem hafalan dapat menyebabkan rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Demikian dibuktikan dengan kenyataan yang ditemukan di SD N Ronggo 03, Pati bahwa hasil belajar muatan pelajaran matematika siswa kelas VA masih rendah. Terdapat 4 siswa (20 %) yang tuntas dan 16 siswa (80 %) belum tuntas. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas model RME berbantuan SIBICA terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model RME berbantuan Video SIBICA terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Model pembelajaran RME merupakan bingkai pembelajaran dengan pendekatan kehidupan nyata siswa atau dikaitkan dengan kehidupaan sehari-hari siswa pada pembelajaran matematika. Kemampuan pemahaman konsep matematis adalah kemampuan matematika yang harus dimiliki siswa berdasarkan pemahaman yang bermakna, mampu menyelesaikan masalah, dan menerapkan konsep dengan baik dan benar. Video SIBICA merupakan video yang memuat materi komposisi dan dekomposisi bilangan cacah sampai 1.000.000 berbasis kearifan lokal Kota Pati. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre eksperimen dan desain yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian dilaksanakan di kelas VA SD Negeri Ronggo 03, Jaken, Pati, dengan subjek penelitian sebanyak 20 siswa yang berlangsung selama 5 kali tindakan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan tes. Analisis data menggunakan yaitu analisis data kuantitatif meliputi uji t dan uji N-Gain. Hasil olah data pada uji paired sample t-test memperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga terdapat perbedaan skor rata-rata pretest dan posttest. Hasil olah data uji N-gain memperoleh skor 0,85 dalam 0.7 < g < 1 termasuk kategori tinggi dan N-gain persen memperoleh 85,87% > 75 dapat ditafsirkan efektif sehingga terdapat peningkatan yang tinggi pada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Dapat disimpulkan bahwa model RME berbantuan Video SIBICA efektif digunakan untuk kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Menurut hasil penemuan peneliti menyarankan guru dapat menerapkan model pembelajaran RME berbantuan Video SIBICA. Karena menjadikan pembelajaran yang lebih aktif siswa menjadi senang dalam pembelajaran dan meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas V.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.F. Shoufika Hilyana, S. Si., M. Pd. Dosen Pembimbing: 2.ovika Ardana Riswari, M. Pd. |
Kata Kunci: | RME, Video, Pemahaman Konsep Matematis |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 02:12 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 02:12 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24060 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
