Nilai-nilai akulturasi budaya dalam motif batik tulis lasem sebagai representasi pendidikan anak berbasis lokal pantura

RAHMADANI, ERIA NATIFA (2024) Nilai-nilai akulturasi budaya dalam motif batik tulis lasem sebagai representasi pendidikan anak berbasis lokal pantura. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Batik Tulis Lasem merupakan warisan budaya yang unik dari daerah Pantura Jawa, khususnya di Lasem, Kabupaten Rembang. Batik ini mencerminkan akulturasi budaya yang kaya antara unsur Jawa dan Cina. Motif-motif dalam Batik Lasem tidak hanya indah secara visual, tetapi juga sarat dengan nilai-nilai filosofis dan kearifan lokal. Hal ini menjadikan Batik Lasem sebagai media potensial untuk pendidikan anak berbasis budaya lokal. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi bentuk dan makna motif batik tulis Lasem, menganalisis nilai-nilai akulturasi budaya Jawa dan Cina dalam motif tersebut, serta mengevaluasi efektivitas pengenalan budaya batik tulis Lasem melalui kegiatan ekstrakurikuler membatik kepada siswa Sekolah Dasar. Motif batik merupakan pola gambar pada kain batik yang mengandung makna filosofis dan nilai-nilai budaya masyarakatnya. Representasi pendidikan anak berbasis lokal pantura merupakan perwujudan atau penggambaran dari konsep pendidikan yang berakar pada kearifan lokal masyarakat di wilayah Pantura. Perwujudan ini direpresentasikan melalui kegiatan ekstrakurikuler membatik. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif dengan pendekatan naratif, berlokasi di Batik Tulis Sekar Mulyo dan SDN 1 Soditan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, melibatkan pemilik batik, guru penanggung jawab, pelatih ekstrakurikuler, dan perwakilan siswa. Analisis data mencakup tahapan pengumpulan, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa batik Lasem memiliki enam motif utama yang mengandung nilai-nilai pendidikan penting seperti ketangguhan, toleransi, adaptasi, keseimbangan, kerja sama, dan kerendahan hati. Akulturasi budaya Jawa dan Cina dalam motif batik Lasem menyimbolkan nilai toleransi dan kerukunan dalam keberagaman. Program ekstrakurikuler membatik di SDN 1 Soditan menjadi contoh sukses pendidikan berbasis lokal yang tidak hanya melestarikan seni batik, tetapi juga menanamkan nilai-nilai penting kepada siswa. Melalui pembelajaran teori dan praktik, siswa menjalani proyek membatik empat pertemuan yang mencakup seluruh proses pembuatan batik. Program ini terbukti efektif dalam membentuk karakter siswa dan dapat diadaptasi di daerah lain untuk melestarikan warisan budaya sekaligus mempersiapkan generasi muda menghadapi masyarakat yang beragam dan dinamis. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diharapkan untuk menjaga kualitas dan keaslian motif batik Lasem, melakukan inovasi, mendidik generasi muda, serta memanfaatkan media sosial untuk memperluas pasar dan melestarikan tradisi membatik. Melalui kegiatan ekstrakurikuler membatik, diharapkan untuk mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler membatik, berkolaborasi dengan pengrajin lokal, dan memperkenalkan teknologi digital dalam desain batik untuk memperkaya pendidikan budaya siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Much Arsyad Fardani, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Dr. Nur Fajrie, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Akulturasi, Budaya, Motif Batik, Batik Lasem, Pendidikan Anak
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 02 Jun 2025 02:17
Last Modified: 02 Jun 2025 02:17
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24061

Actions (login required)

View Item View Item