Penerapan model pembelajaran tgt berbantuan media medica terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas iv sd negeri pati wetan 01

MULYA SARI, SITI (2024) Penerapan model pembelajaran tgt berbantuan media medica terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas iv sd negeri pati wetan 01. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Berdasarkan hasil studi pendahuluan pada tanggal 20 Januari 2024 di SD Negeri Pati Wetan 01, ditemukan permasalahan masih rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa yang dibuktikan dengan nilah sumatif akhir semester siswa pada mata pelajaran matematika hanya 4 dari 31 siswa (13%) yang tuntas dari KKTP. Selain itu, pembelajaran matematika di dalam kelas masih jarang memanfaatkan media pembelajaran. Model pembelajaran yang digunakan oleh guru masih kurang bervariasi dalam penerapannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dan peningkatan penggunaan pembelajaran model pembelajaran Teams Games Tournaments berbantuan MEDICA terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Model pembelajaran TGT merupakan salah satu model pembelajaraan kooperatif yang disajikan dalam bentuk permainan edukasi secara berkelompok. MEDICA merupakan media interaktif pecahan yang didalamnya memuat materi terkait materi penjumlahan dan pengurangan pecahan Pemecahan masalah matematika merupakan kemampuan yang harus dikuasai siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan jenis Pre Exsperimen dalam bentuk One Group Pretest Posttest. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sensus atau sampling total. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran TGT berbantuan media ”MEDICA” dan variabel terikatnya yaitu kemampuan pemecahan masalah matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa uji normalitas sebagai uji prasyarat. Pengujian hipotesis menggunakan uji Paired Sample T-Test dan uji N-Gain berbantuan SPSS Statistic 25. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan adanya perbedaan rata-rata dengan signifikasi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan hasil uji N-Gain menunjukkan adanya peningkatan sebesar 0,66 dengan kategori peningkatan sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1)terdapat perbedaan rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah matematika menggunakan model pembelajaran TGT berbantuan media MEDICA; 2)terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika menggunakan model pembelajaran TGT berbantuan media MEDICA.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Lintang Kironoratri, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Lovika Ardana Riswari, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran TGT, Media MEDICA, Pemecahan Masalah Matematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 02 Jun 2025 07:25
Last Modified: 02 Jun 2025 07:25
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24077

Actions (login required)

View Item View Item