DEWI ANIS SAFITRI, SITI LUTHVITA (2024) Pengaruh permainan tradisional engklek melalui pendekatan etnomatematika terhadap hasil belajar siswa sdn 1 pelemkerep. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Metode pembelajaran yang masih konvensional dan kurangnya variasi media serta model pembelajaran di sekolah dasar seringkali menjadi kendala dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan permainan tradisional engklek melalui pendekatan etnomatematika pada materi bangun ruang prisma segitiga. Permainan tradisional engklek melalui pendekatan etnomatematika merupakan kombinasi antara permainan tradisional dengan kearifan lokal budaya setempat, yaitu seni ukir Jepara. Melalui permainan engklek, siswa tidak hanya bersenang-senang, tetapi juga belajar tentang bentuk geometri seperti prisma segitiga dan mengamati pola-pola menarik pada kotak permainan tradisional engklek. Penelitian dilakukan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental design. Penelitian eksperimen ini digunakan sebagai prasyarat untuk menguji seberapa besar kadar kemurnian (kebenaran) pengaruh X terhadap Y. Variabel bebas yang digunakan oleh peneliti yaitu permainan tradisional engklek menggunakan pendekatan etnomatematika berbasis budaya lokal Kota Jepara. Sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan permainan tradisional "Engklek" melalui pendekatan etnomatematika efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V di SDN 1 Pelemkerep. Terdapat peningkatan signifikan antara nilai pretest (rata-rata 59) dan posttest (rata-rata 85), dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000, yang menunjukkan perbedaan yang signifikan. Uji N-Gain menunjukkan nilai mean 0,6558, yang dikategorikan sebagai sedang, dan rata-rata N-Gain Score sebesar 66%, menandakan efektivitas yang cukup baik. Validasi instrumen pretest dan posttest menunjukkan bahwa sebagian besar soal memiliki tingkat validitas yang sangat tinggi. Data pretest dan posttest berdistribusi normal, dan analisis menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan setelah penerapan metode ini. Permainan tradisional engklek yang dikaitkan dengan konsep matematika (etnomatematika) terbukti berpengaruh dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi prisma segitiga. Guru sebaiknya lebih sering menggunakan permainan tradisional yang dipadukan dengan nilai-nilai lokal dalam pembelajaran untuk membuat proses belajar lebih menyenangkan dan hasil belajar siswa pun lebih baik.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.M. Syaffruddin Kuryanto, S. Si, M.Or. Dosen Pembimbing: 2.Denni Agung Santoso, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Hasil Belajar, Pendekatan Etnomatematika, Permainan Tradisional Engklek, |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 03:35 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 03:35 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24082 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
