Aziz Ficky, Danis Muhammad (2025) Sistem informasi customer relationship management (crm) bumdes artha pongge pada unit pengelolaan usaha air bersih & air minum berbasis web responsive dengan menggunakan notifikasi whatsapp. Sarjana thesis, UNIVERSILITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitian ini akan ditunjukan untuk membuat sebuah sistem manajemen pada suatu instansi Desa yang bernama BUMDes Artha Pongge. BUMDes Artha Pongge bergerak pada bidang usaha salah satunya adalah pengelolaan air bersih. Proses bisnis pengelolaan manajemen pada BUMDes Artha Pongge masih menggunakan cara manual dan kurang efektif. Permasalahan yaang terjadi antara lain, proses dari pendaftaran, pemasangan dan pembayarang masih di lakukan dengan proses manual. Bagi petugas BUMDes dalam membuat laporan pengguna dan laporan transaksi pembayaran atau penagihan masih menggunakan buku. catatan ini harus memikirkan strategi yang tepat, salah satunya dengan mencoba memperbaiki proses bisnis dalam pelayanan pelanggan dengan menggunakan sistem informasi untuk pengelolaan pekerjaan berbasis Web Service adalah Customer Relationship Management. Berdasarkan permasalahan di atas Sistem Informasi Customer Relationship Management (Crm) Bumdes Artha Pongge Pada Unit Pengelolaan Usaha Air Bersih & Air Minum Berbasis Web Responsive Dengan Menggunakan Notifikasi Whatsapp Dengan adanya sistem tersebut dapat membantu baik petugas BUMDes maupun pelanggan terhadap kepuasan layanan yang hendak atau telah menggunakan layanan air bersih dengan baik.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1. Dr. Eko Darmanto, S.Kom., M. Cs. 2. Diana Laily Fithri, S. Kom, M. Kom |
Kata Kunci: | BUMDes, Pengelolaan Air bersih, QR Code, Customer Relationship Management, Notifikasi Whatsapp |
Subjects: | Teknologi > Teknologi (umum) > Teknik industri. Teknik manajemen Teknologi > T1 Teknologi (Umum) > Sistem Informasi Manajemen Teknologi > Teknologi (umum) Teknologi > T1 Teknologi (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Teknik > S1 Sistem Informasi |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 06:45 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 06:45 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24666 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
