Rancang bangun si ratdela ( surat desa lahar ) berbasis website untuk memudahkan dalam pelayanan masyarakat di desa lahar

AlfaRizky, Raul (2025) Rancang bangun si ratdela ( surat desa lahar ) berbasis website untuk memudahkan dalam pelayanan masyarakat di desa lahar. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Penelitian mempunyai tujuan guna rancangan serta pembangunan Sistem Informasi pelayanan Masyarakat untuk memudahkan pelayanan administratif di Desa Lahar. Sistem informasi seperti tersebut memudahkan staf kantor Desa Lahar, mengurangi beban administrasi desa, meningkatkan transparansi desa, dan memudahkan masyarakat untuk melakukan administrasi serta mengajukan permohonan surat-surat administrasi secara online tanpa perlu datang ke balai Desa Lahar. Pendekatan metodologi adalah OOAD, meliputi empat komponen utama: Analisis Berorientasi Objek (Object Oriented Analysis), Desain Berorientasi Objek (Object Oriented Design), Pemrograman Berorientasi Objek (Object Oriented Programming), dan Pengujian Berorientasi Objek (Object Oriented Testing). Metode pengumpulan data mencakup wawancara, observasi partisipasi, serta studi dokumentasi. Penelitian menunjukkan sistem ini berhasil mengotomatisasi banyak proses dilaksanakan sebelumnya manual. Warga Desa Lahar sekarang dapat mengakses layanan ini dari kenyamanan rumah mereka menggunakan perangkat yang terhubung ke internet. Sistem memastikan bahwa setiap surat yang diproses memiliki rekam digital yang dapat dilihat, meningkatkan transparansi dalam pelayanan desa. Warga lebih puas dengan pelayanan administratif desa berkat "SI Ratdela".

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1. Tutik Khotimah, S.Kom., M.Kom Dosen Pembimbing : 2. Ahmad Jazuli, S.Kom., M.Kom
Kata Kunci: Pelayanan masyarakat, Pelayanan administratif, dan SI Ratdela.
Subjects: Teknologi > T1 Teknologi (Umum) > Teknologi Informasi
Teknologi > T1 Teknologi (Umum)
Program Studi: Fakultas Teknik > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 04 Aug 2025 04:29
Last Modified: 04 Aug 2025 04:29
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24853

Actions (login required)

View Item View Item