AlfaRizky, Raul (2025) Rancang bangun si ratdela ( surat desa lahar ) berbasis website untuk memudahkan dalam pelayanan masyarakat di desa lahar. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitian mempunyai tujuan guna rancangan serta pembangunan Sistem Informasi pelayanan Masyarakat untuk memudahkan pelayanan administratif di Desa Lahar. Sistem informasi seperti tersebut memudahkan staf kantor Desa Lahar, mengurangi beban administrasi desa, meningkatkan transparansi desa, dan memudahkan masyarakat untuk melakukan administrasi serta mengajukan permohonan surat-surat administrasi secara online tanpa perlu datang ke balai Desa Lahar. Pendekatan metodologi adalah OOAD, meliputi empat komponen utama: Analisis Berorientasi Objek (Object Oriented Analysis), Desain Berorientasi Objek (Object Oriented Design), Pemrograman Berorientasi Objek (Object Oriented Programming), dan Pengujian Berorientasi Objek (Object Oriented Testing). Metode pengumpulan data mencakup wawancara, observasi partisipasi, serta studi dokumentasi. Penelitian menunjukkan sistem ini berhasil mengotomatisasi banyak proses dilaksanakan sebelumnya manual. Warga Desa Lahar sekarang dapat mengakses layanan ini dari kenyamanan rumah mereka menggunakan perangkat yang terhubung ke internet. Sistem memastikan bahwa setiap surat yang diproses memiliki rekam digital yang dapat dilihat, meningkatkan transparansi dalam pelayanan desa. Warga lebih puas dengan pelayanan administratif desa berkat "SI Ratdela".
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing : 1. Tutik Khotimah, S.Kom., M.Kom Dosen Pembimbing : 2. Ahmad Jazuli, S.Kom., M.Kom |
Kata Kunci: | Pelayanan masyarakat, Pelayanan administratif, dan SI Ratdela. |
Subjects: | Teknologi > T1 Teknologi (Umum) > Teknologi Informasi Teknologi > T1 Teknologi (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Informatika |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 04:29 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 04:29 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24853 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
