HANIFAH, NUR (2025) Efektivitas model problem based learning berbantuan media geoboard untuk meningkatkan pemahaman konsepmatematis materi bangun datar pada siswa kelas iv sd 6 bulung kulon. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan rata- rata pemahaman konsep matematis siswa kelas IV SD 6 Bulung Kulon setelah menggunakan model problem based learning berbantuan media geoboard dan Untuk mengetahui efektivitas model problem based learning berbantuan media geoboard terhadap pemahaman konsep matematis materi bangun datar pada siswa kelas IV SD 6 Bulung Kulon. Model Problem Based Learning adalah suatu pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa dimana siswa bekerja sama dalam kelompok untuk mengidentifikasi masalah, menganalisis, dan menenukan Solusi. Sedangkan media geoboard alat bantu visual yang digunakan dalam pembelajaran matematika materi bangun datar pada kelas IV SD, yang bertujuan untuk membantu pemahaman konsep bangun datar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan metode pre experimental design, yang dilaksanakan di kelas IV SD 6 Bulung Kulon dengan subjek penelitian 28 siswa yang akan berlangsung selama 4 kali pertemuan. Variabel terikat pada penelitian ini adalah pemahaman konsep matematis, materi bangun datar, kelas IV SD 6 Bulung Kulon. Sedangkan variabel bebas dari penelitian ini adalah model problem based learning, dan media geoboard. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan Teknik wawancara, observasi, dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kuantitatif dengan uji normalitas, uji paired sampel t-test dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan siginifikan antara nilai pretest dan posttest kemampuan pemahaman konsep matematis dengan memperoleh nilai (sig.2-tailed) 0,000 dengan perbedaan rata-rata 33,64 antara skor pretest dan posttest. Terdapat peningkatan pemahaman konsep matematis setelah menggunakan model problem based learning berbantuan media geoboard sebesar 0,74 tafsiran cukup efektif dikarenakan presentase terletak pada 56-75%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model problem based learning berbantuan media geoboard terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas IV SD 6 Bulung Kulon. Penelitian ini memiliki keterbatasan dalam peningkatan pemahaman konsep matematis yang hanya mencapai kategori cukup efektif. Pada penelitian ini keterbatasan jumlah media geoboard membuat hanya beberapa siswa dapat menggunakanya secara langsung, penelitian selanjutnya disarankan untuk menambah jumlah media.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen pembimbing: 1. Diana Ermawati, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2. Fitriyah Amaliyah, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Model Problem Based Learning, Media Geoboard, Pemahaman Konsep Matematis. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 08:25 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 08:25 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/25497 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
