PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V BAHASA INDONESIA SD 1 SUMBERMULYO KECAMATAN WINONG KABUPATEN PATI

Sulaksono, Yusuf (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V BAHASA INDONESIA SD 1 SUMBERMULYO KECAMATAN WINONG KABUPATEN PATI. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Depan) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (188kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (258kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (383kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (313kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (202kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (107kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (111kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Sulaksono, Yusuf. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Role playing Untuk Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Pada Mapel Bahasa Indonesia SD 1 Sumbermulyo Kecamatan Winong Kabupaten Pati. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (I) Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd., (II) Khamdun, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Model Role playing, Keterampilan Berbicara Salah satu tujuan pembelajaran bahasa Indonesia yaitu keterampilan berbicara. Keterampilan berbicara menunjang ketrampilan bahasa lainnya. Kemampuan berbicara yang baik dapat mempermudah komunikasi antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa.Mengingat demikian pentingnya keterampilan berbicara bagi seseorang, maka melalui pembelajaran keterampilan berbicara (Moeliono, 2002: 211). Dalam hal keterampilan berbicara di sekolah-sekolah kurang begitu diperhatikan. Hal ini dikarenakan sekolah hanya mengacu pada teori, untuk praktiknya sangat kurang. Peneliti yang ingin ketahui dalam penelitian ini yaitu apakah model Role playing dengan dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SD 1 Sumbermulyo pada materi Berwawancara Sederhana dengan Narasumber. Model Role playing dan dipilih karena dalam langkah-langkah Role playing pembelajarannya mengajak siswa untuk aktif dalam pembelajaran sehingga keaktifan dan kreatifitas siswa meningkat. Penelitian ini terdiri atas dua siklus dan teknik pengumpulkan datanya ialah tes dan observasi. Data yang diperoleh meliputi data keterampilan berbicara, pengelolaan kelas, dan aktivitas belajar siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V SD 1 Sumbermulyo. Teknik analisis hasil penelitian yang dipakai adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan model role playing dengan dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa, yaitu pada penggunaan lafal, intonasi dan ekspresi hasil yang diperoleh pada tahap prasiklus sebesar 27,8% dengan nilai rata-rata klasikal 60, menjadi 55,5% dengan nilai rata-rata klasikal 61,8 pada siklus I. Prosentase ketuntasan berbicara pada siklus II sebesar 77,8% atau terjadi peningkatan sebesar 22,3% serta nilai rata-rata klasikalnya yaitu 75,8. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Role playing dengan pembelajaran berjalan baik dan dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa Kelas V SD 1 Sumbermulyo. Saran dari peneliti ini diharapkan para peneliti yang lain dapat mengembangkan penelitian dengan menggunakan model Role playing dalam mengajak siswa untuk berimprovisasi dan berekspresi sesuai dengan karakter tokoh yang diperankan. Penggunaan bagi penelitian selanjutnya perlu dipersiapkan secara matang karena membutuhkan waktu yang banyak dan tenaga ahli.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Role playing, Keterampilan Berbicara
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 01 Apr 2014 07:10
Last Modified: 01 Apr 2014 07:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2609

Actions (login required)

View Item View Item