Sulaksono, Yusuf (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V BAHASA INDONESIA SD 1 SUMBERMULYO KECAMATAN WINONG KABUPATEN PATI. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (188kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (258kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (383kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (313kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (202kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (107kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR__PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (111kB) |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Sulaksono, Yusuf. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Role playing Untuk Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Pada Mapel Bahasa Indonesia SD 1 Sumbermulyo Kecamatan Winong Kabupaten Pati. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (I) Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd., (II) Khamdun, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Model Role playing, Keterampilan Berbicara Salah satu tujuan pembelajaran bahasa Indonesia yaitu keterampilan berbicara. Keterampilan berbicara menunjang ketrampilan bahasa lainnya. Kemampuan berbicara yang baik dapat mempermudah komunikasi antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa.Mengingat demikian pentingnya keterampilan berbicara bagi seseorang, maka melalui pembelajaran keterampilan berbicara (Moeliono, 2002: 211). Dalam hal keterampilan berbicara di sekolah-sekolah kurang begitu diperhatikan. Hal ini dikarenakan sekolah hanya mengacu pada teori, untuk praktiknya sangat kurang. Peneliti yang ingin ketahui dalam penelitian ini yaitu apakah model Role playing dengan dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SD 1 Sumbermulyo pada materi Berwawancara Sederhana dengan Narasumber. Model Role playing dan dipilih karena dalam langkah-langkah Role playing pembelajarannya mengajak siswa untuk aktif dalam pembelajaran sehingga keaktifan dan kreatifitas siswa meningkat. Penelitian ini terdiri atas dua siklus dan teknik pengumpulkan datanya ialah tes dan observasi. Data yang diperoleh meliputi data keterampilan berbicara, pengelolaan kelas, dan aktivitas belajar siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V SD 1 Sumbermulyo. Teknik analisis hasil penelitian yang dipakai adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan model role playing dengan dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa, yaitu pada penggunaan lafal, intonasi dan ekspresi hasil yang diperoleh pada tahap prasiklus sebesar 27,8% dengan nilai rata-rata klasikal 60, menjadi 55,5% dengan nilai rata-rata klasikal 61,8 pada siklus I. Prosentase ketuntasan berbicara pada siklus II sebesar 77,8% atau terjadi peningkatan sebesar 22,3% serta nilai rata-rata klasikalnya yaitu 75,8. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Role playing dengan pembelajaran berjalan baik dan dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa Kelas V SD 1 Sumbermulyo. Saran dari peneliti ini diharapkan para peneliti yang lain dapat mengembangkan penelitian dengan menggunakan model Role playing dalam mengajak siswa untuk berimprovisasi dan berekspresi sesuai dengan karakter tokoh yang diperankan. Penggunaan bagi penelitian selanjutnya perlu dipersiapkan secara matang karena membutuhkan waktu yang banyak dan tenaga ahli.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing: Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd |
Kata Kunci: | Model Role playing, Keterampilan Berbicara |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 01 Apr 2014 07:10 |
Last Modified: | 01 Apr 2014 07:10 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2609 |
Actions (login required)
View Item |