Peningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Materi Sistem Pemerintahan Kabupaten Kota dan Provinsi Melalui Model Pembelajaran Two Stay Two Stray pada Siswa Kelas IV SD 4 Golantepus Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014.

Fajrin, Zahrotin Ilma (2014) Peningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Materi Sistem Pemerintahan Kabupaten Kota dan Provinsi Melalui Model Pembelajaran Two Stay Two Stray pada Siswa Kelas IV SD 4 Golantepus Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HALAMAN SAMPUL) - Accepted Version
Download (1072Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (99Kb) | Request a copy
      [img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (388Kb) | Request a copy
        [img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (437Kb) | Request a copy
          [img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (931Kb) | Request a copy
            [img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (137Kb) | Request a copy
              [img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (22Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
                Download (101Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (8Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Fajrin, Zahrotin Ilma. 2014. Peningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Materi Sistem Pemerintahan Kabupaten Kota dan Provinsi Melalui Model Pembelajaran Two Stay Two Stray pada Siswa Kelas IV SD 4 Golantepus Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (i) Dr. Murtono, M.Pd., (ii) Aisyah Nur Sayidatun Nisa’, S.Pd, M.Pd. Kata kunci: Hasil belajar, pendidikan kewarganegaraan, Two Stay Two Stray. Hasil belajar yang rendah merupakan salah satu masalah yang di alami siswa kelas IV SD 4 Golantepus Mejobo Kudus, observasi yang dilakukan terhadap hasil belajar PKN semester 1 menujukkan bahwa 88% siswa dinyatakan belum tuntas. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu diadakan perbaikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan odel pembelajaran Two Stay Two Stray. Tujuan penelitian ini ialah: (1) Mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran Two Stay Two Stray pada mata pelajaran PKn materi Sistem Pemerintahan Kabupaten, Kota dan Provinsi di kelas IV SDN 04 Golantepus Mejobo Kudus (2) Menemukan peningkatan hasil belajar PKn materi Sistem Pemerintahan Kabupaten, Kota dan Provinsi dengan diterapkannya model pembelajaran Two Stay Two Stray di kelas IV SDN 04 Golantepus Mejobo Kudus. Two Stay Two Stray adalah model pembelajaran yang menekankan adanya kerjasama antar siswa dalam pembelajaran agar dapat menumbuhkan pola berpikir siswa untuk menemukan gagasan dan pengalaman siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanan pada mata pelajaran PKn materi sistem pemerintahan kabupaten kota dan provinsi. Hipotesis dalam penelitian ini adalah melalui penerapan metode pembelajaran two stay two stray diduga dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan materi sistem pemerintahan kabupaten, kota dan provinsi pada siswa kelas IV SD Negeri 04 Golantepus Mejobo Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Taggart yang dilakukan selama 2 siklus dan setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 16 siswa, terdiri dari 7 laki-laki dan 9 perempuan. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yakni variabel bebas dan variabel terikat. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis kualitatif dan kuantitatif. Validitas dan reliabilitas digunakan peneliti untuk menguji kelayakan dari soal tes yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengelolaan pembelajaran yang dilakukan peneliti dapat meningkat dengan baik, yaitu dengan perolehan skor pada siklus I sebesar 2,9 dengan kategori baik dan meningkat pada siklus II menjadi 3,4 dengan kategori baik. (2) Aktivitas siswa dalam proses pembelajaran juga mengalami peningkatan yang baik, yaitu rata-rata kelas pada siklus I sebesar 2,0 dengan kategori cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 2,9 dengan kategori baik. (3)Sedangkan hasil belajar siswa dinyatakan tuntas dengan perolehan rata-rata kelas pada siklus I sebesar 66,9 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 75,9. Berdasarkan temuan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV SD 4 Golantepus Mejobo Kudus dapat meningkat dan berhasil dengan baik setelah digunakannya model pembelajaran Two Stay Two Stray. Saran setelah dilakukan penelitian ini ialah (1)Siswa harus lebih mengembangkan keaktifan, kreativitas, dan motivasi belajar untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan hasil belajar.(2) Guru dapat menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray sebagai alternatif model dalam pembelajaran dan dapat mengenalkan model pembelajaran Two Stay Two Stray kepada guru lain guna menyajikan pembelajaran dengan cara yang menarik sehingga dapat meningkatkan belajar siswa.(3) setelah menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray diharapkan peneliti lebih memahami arti model pembelajaran Two Stay Two Stray agar tercipta hasil belajar yang baik.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing: (i) Dr. Murtono, M.Pd., (ii) Aisyah Nur Sayidatun Nisa’, S.Pd, M.Pd.
                    Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Hasil belajar, pendidikan kewarganegaraan, Two Stay Two Stray.
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
                    Tanggal Deposit: 29 Mar 2014 11:35
                    Last Modified: 29 Mar 2014 11:35
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2623

                    Actions (login required)

                    View Item