PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS V DI SDN 4 DERSALAM KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Sofia, Haryati Mustika (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS V DI SDN 4 DERSALAM KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal Sampul) - Accepted Version
Download (380kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (131kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (607kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (164kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (275kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (196kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Published Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (79kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (60kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (852kB) | Request a copy

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya hasil belajar IPA siswa yang rendah dari nilai KKM (65) yang telah ditentukan. Kondisi itu dikarenakan, beberapa faktor, seperti siswa yang malas belajar dan dari proses pembelajaran yang kurang menyenangkan.Jadi, dalam penelitian ini peneliti mencoba merumuskan masalah yaitu, Apakah hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD 4 Dersalam Kecamatan Bae Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013 dapat meningkat dengan diterapkannya model pembelajaran Quantum Teaching?. Kemudian, Tujuan dari penelitian yang Peneliti lakukan adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA kelas V SD 4 Dersalam Kecamatan Bae Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching. Dan adapun manfaat dalam penelitian ini adalah Manfaat Teoritis dan Praktis bagi Siswa, Guru, Sekolah dan Peneliti Peningkatan hasil belajar siswa tersebut dapat dilakukan dengan menerapkan suatu model pembelajaran yang inovatif dan cocok bagi siswa. Dalam penelitian ini model pembelajaran yang digunakan adalah Model pembelajaran Quantum Teaching. Yaitu, suatu model pembelajaran yang inovatif dengan menerapkan proses pembelajaran TANDUR, yaitu Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan dan Rayakan. Dalam peneliian ini variabelnya ada dua yaitu hasil belajar siswa dan model pembelajaran Quantum teaching. Berdasarkan pada kajian teori yang sudah dikemukakan pada uraian sebelumnya, hipotesis tindakan yang diajukan dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 4 Dersalam Kudus dapat meningkat dengan diterapkannya model pembelajaran Quantum Teaching. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 4 Dersalam Kudus tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di SD 4 Dersalam Kudus dengan jumlah 20 siswa. Dan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Siklus I dengan 2 pertemuan dan siklus II dengan 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang pembelajaran. Teknik tes digunakan untuk melihat hasi tes setelah tindakan. Data hasil observasi dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan hasil tes dianalisis dengan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hsil belajar IPA pada siswa kelas kelas V di SDN 4 Dersalam Kudus tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Pada kondisi awal siswa yang tuntas dari keseluruhan siswa diperoleh hanya 7 siswa (35%) dengan rata-rata 62,6 setelah dilakukan tindakan, pada siklus I ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 14 siswa (76,5%) dengan rata-rata 74,05. Siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 19 siswa (95%) dengan rata-rata 82,3. Sedangkan pada hasil observasi siklus I yaitu prosentase hasil observasi aktivitas siswa sebesar sebesar 66,67% berada pada kriteria baik dan prosentase pengelolaan pembelajaran oleh guru sebesar 75% berada pada kriteria baik. Pada siklus II prosentase aktivitas siswa 83,33 % dengan kriteria sangat baik dan prosentase pengelolaan pembelajaran oleh guru meningkat menjadi 86,90% berada pada kriteria sangat baik. Simpulan dari penelitian yang telah dilakukan adalah bahwa danya penimgkatan hasil belajar yang diperoleh siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Quantum Teaching. Selain itu, Aktivitas serta pengelolaan pembelajaran selama penelitian dilakukan juga menunjukkan criteria yang sangat baik. Kemudian, peneliti juga menyarankan agar hasil penelitian tindakan kelas dengan menerapakan model pembelajaran Quantum Teaching ini dapat diterapkan dalam pembelajaran IPA SD dengan menyesuaikan kompetensi yang akan dicapai dan hasil penelitian ini dapat dikembangkan dalam penelitian yang terkait dengan model pembelajaran dan penilaian hasil belajar siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: pembimbing 1:Drs. Sabar Rutoto, M.Pd., pembimbing 2:Khamdun, S.P.d, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Quantum Teaching, Hasil Belajar, IPA.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 10 Apr 2014 04:26
Last Modified: 10 Apr 2014 04:26
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2682

Actions (login required)

View Item View Item