PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL DRILLING BERBANTUAN MEDIA MASSA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA SISWA KELAS V SD 1 DERSALAM KUDUS

Novitasari, Yenni (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL DRILLING BERBANTUAN MEDIA MASSA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA SISWA KELAS V SD 1 DERSALAM KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (587kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (830kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (105kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (159kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (12MB) | Request a copy

Abstrak

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar IPS siswa. Nilai pra penelitian tindakan kelas menunjukkan 22 siswa memperoleh nilai di bawah KKM dari 36 siswa kelas V SD 1 Dersalam Kudus. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan model pembelajaran Snowball Drilling dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar ips materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia pada siswa kelas V SD 1 Dersalam Kudus? Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keaktifan dan prestasi belajar IPS siswa dengan diterapkannya model pembelajaran Snowball Drilling berbantuan media massa materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia kelas V SD 1 Dersalam Kudus. Model pembelajaran Snowball Drilling adalah bagian dari model pembelajaran Cooperative Learning yang dikembangkan untuk menguatkan pengetahuan yang diperoleh peserta didik dari membaca bahan-bahan bacaan. Metode pembelajaran ini mengarah pada games berupa kuis interaktif menguatkan pengetahuan sebagai refleksi pembelajaran. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah peningkatan keaktifan dan prestasi belajar IPS siswa yang signifikan dengan diterapkannya model pembelajaran Snowball Drilling berbantuan media massa materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia kelas V SD 1 Dersalam Kudus. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 1 Dersalam Kudus dengan subjek penelitian ini adalah guru dan 36 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas adalah model pembelajaran Snowball Drilling. Sedangkan variabel terikatnya adalah keaktifan dan prestasi belajar IPS materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia kelas V SD 1 Dersalam Kudus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan teknik non tes. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan ketuntasan prestasi belajar IPS siswa materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia yang cukup signifikan antara hasil prasiklus (38,89%), hasil siklus I (69,44%) dan hasil siklus II (100%), didukung dengan peningkatan aktivitas belajar IPS siswa dari prosentase siklus I 52,50% (Sedang) menjadi 78,75% (Tinggi) di siklus II. Pengelolaan pembelajaran Snowball Drilling juga mengalami peningkatan dari prosentase siklus I 78% (Sangat Baik) menjadi 87% (Baik Sekali) pada siklus II. Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model Snowball Drilling dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar IPS siswa materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia siswa kelas V SD 1 Dersalam Kudus. Saran dalam penelitian ini, siswa hendaknya selalu memperhatikan apa yang disampaikan guru. Bagi guru hendaknya dalam menggunakan model Snowball Drilling sesuai dengan karakteristik dan perkembangan siswa agar tidak bosan dan lebih menarik. Bagi sekolah hendaknya menyediakan media pembelajaran yang lebih variatif.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Murtono, M.Pd Pembimbing II : Nur Fajrie, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Snowball Drilling, Prestasi Belajar, IPS
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 05 May 2014 03:51
Last Modified: 05 May 2014 03:51
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2873

Actions (login required)

View Item View Item