MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA DENGAN METODE DONGENG YANG BERBASIS BIMBINGAN PADA KELOMPOK B1 RA MUSLIMAT ISTIQLAL PLOSO KUDUS TAHUN AJARAN 2012/2013

Ferawati, Ulya Ulfa (2014) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA DENGAN METODE DONGENG YANG BERBASIS BIMBINGAN PADA KELOMPOK B1 RA MUSLIMAT ISTIQLAL PLOSO KUDUS TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Judul) - Accepted Version
Download (332Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (127Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (170Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (277Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (327Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (121Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (61Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (19Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (2184Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Judul ini diangkat peneliti dengan alasan keprihatianan guru kelas pada B1 RA Istiqlal atas rendahnya kemampuan berbahasa pada beberapa anak di kelas tersebut. Sedangkan anak-anak ini sangat sehat secara jasmani dan organ bicaranya. Beberapa metode belum juga mampu membantu mengatasi permasalahan ini. Dasar penelitian ini adanya beberapa siswa yang memiliki kemampuan berbahasa rendah,sehingga anak cenderung pasif bila diberi pertanyaan ibu guru. Rumusan masalah pada penelitian ini “bagaimana pelaksanaan metode dongeng yang berbasis bimbingan dapat meningkatkan kemampuan berbahasa rendah kelompok B1 RA Istiqlal Tahun Ajaran 2012/2013?” Tujuan dilaksanakan penelitian ini tentu saja diharapkan dapat mendeskripsikan kemampuan berbahsa siswa kelompok B1 RA Istiqlal Tahun Ajaran 2012/2013. Selain itu juga untuk mengetahui efektifitas layanan bimbingan dengan metode dongeng pada siwa kelompok B1 RA Istiqlal Tahun Ajaran 2012/2013. Kegunaan penelitian ini pada subjek agar dapat meningkatkan kemampuaqn berbahasanya dengan cara bermain yang menyenangkan dengan memhami jalan cerita, karakter tokoh cerita, mengembangkan fantasi, sehingga proses belajar dan bersosialisasi anak dapat berkembang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Mendongeng berbasis bimbingan. Peneliti terinspirasi dengan sebuah penelitian yang membuktikan bahwa mendoneng mampu meningkatkan kemampuan berbahasa, bahasa menjadi point yang sangat penting bagi setiap indvidu untuk berhubungan dengan individu lain, yang kemudian disebut dengan sosialisasi. Hakekat manusia sebagai makhluk sosial, yang saling dibutuhkan dan membutuhkan, akan selalu menggunakan cara untuk bisa berkomunikasi, salah satunya adalah berkomunikasi verbal, yaitu berkomunikasi yang menggunakan alat bicara dan alat dengar sebagai media. Sesuai dengan hasil penelitian yang merupakan penelitian tindakan kelas, mendongeng berbasis bimbingan dapat membantu meningkatkan kemampuan berbahasa anak, khususnya pada siswa kelompok B1 RA Istiqlal. Berbasis bimbingan digunakan agar peneliti mampu menggunakan pendekatan dan teori yang sesuai dengan usia dan perkembangan anak, sehingga memudahkan penyelasaian persoalan yang ada, tanpa mengurangi kepentingan anak dan tujuan yang hendak dicapai. Tentu penelitian ini menjadi berbeda ketika subjek penelitian adalah anak usia dini yang mungkin saja tidak menyadari dirinya sedang bermasalah. Lingkungan, baik lingkungan fisik maupun lingkungan sosial, tetaplah memegang peranan penting bagi tumbuh kembang anak, dengan segala tugas perkembangannya. Karena itu saran yang bisa diberikan peneliti adalah, bagaimanapun orang tua dan guru mempunyai peran yang sangat penting, sehingga menjadi kewajiban merekalah untuk mampu memberikan pengaruh yang baik, keteladanan, serta mampu menjadi motivator yang baik dalam rangka memberikan dan mencukupi mereka akan kebutuhan lingkungan yang kondusif. Kesimpulan pada penelitian ini, kemampuan berbahasa siswa kelompok B1 RA Istiqlal sebelum diadakan layanan bimbingan dengan metode dongeng, presentase yang dicapai hanya 40% dinyatakan kurang. Setelah diadakan layanan bimbingan dengan metode dongang banyak mengalami peningkatan pada semua indikator sehingga mencapai 85% dinyatakan sangat baik. Selain itu metode dongeng berbasis bimbingan, merupakan salah satu cara efektif untuk meningkatkan kemampuan berbahsa pada siswa kelompok B1 RA Istiqlal Tahun Ajaran 2012/2013.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing : Drs. Arista Kiswantoro.
                    Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: kemampuan berbahasa, bimbingan berbasis metode dongeng.
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
                    Tanggal Deposit: 10 May 2014 14:54
                    Last Modified: 10 May 2014 14:54
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2957

                    Actions (login required)

                    View Item